Mampukah NATO Menandingi Superioritas Udara Rusia di Wilayah Baltik?

Kompas.com - 18/02/2021, 18:02 WIB
Jet tempur Sukhoi SU-35 DPAJet tempur Sukhoi SU-35

TALLINN, KOMPAS.com – Pertahanan udara negara-negara Baltik terlalu lemah untuk menghadapi serangan udara Rusia atau untuk melindungi bala bantuan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) yang datang.

Hal itu berdasarkan publikasi lembaga think tank pertahanan yang berbasis di Estonia, International Center for Defense and Security (ICDS).

Luas negara Estonia, Latvia, dan Lituania kecil, begitu pula angkatan bersenjata mereka sebagaimana dilansir dari The National Interest, Rabu (17/2/2021).

Beberapa pasukan NATO dan pesawat yang ditempatkan di sana tidak mencukupi. Jadi jika Rusia menyerang, negara-negara di Baltik sangat membutuhkan bala bantuan NATO.

“Pergerakan darat, udara, dan laut rentan terhadap kekuatan udara substansial yang telah dibangun Rusia di Distrik Militer Barat dan kemampuan jarak jauhnya,” lapor ICDS.

Baca juga: Kekerasan Meningkat di Irak, NATO Sepakat Perluas Latihan Militer

ICDS menambahkan, celah kelemahan dari negara-negara di kawasan Baltik adalah sistem pertahanan udaranya.

“Tiga negara berupaya mengatasi hal ini. Namun, berbagai sistem yang diperlukan untuk pertahanan udara berlapis yang komprehensif sangatlah mahal,” sambung ICDS.

Oleh karena itu, lanjut ICDS, celah kelemahan itu harus menjadi perhatian negara-negara Baltik.

“Sisi timur laut yang rentan juga harus menjadi perhatian NATO secara keseluruhan,” tambah laporan ICDS.

Sementara itu, Rusia memiliki sekitar 27 skuadron jet tempur di Distrik Militer Barat yang berbatasan dengan Negara Baltik.

Baca juga: Ikuti Gaya NATO, Iran Bakal Buat Pakta Pertahanan Bersama Sekutunya

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X