China Operasikan Reaktor Nuklir Generasi Ketiga untuk Pertama Kalinya

Kompas.com - 31/01/2021, 12:52 WIB
Pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) China yang menggunakan reaktor nuklir generasi ketiga, Hualong One, di Kota Fuqing, Provinsi Fujian, China. TWITTER @China2ASEANPembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) China yang menggunakan reaktor nuklir generasi ketiga, Hualong One, di Kota Fuqing, Provinsi Fujian, China.

BEIJING, KOMPAS.com – China berhasil mengomersialisasikan energi listrik dari pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) yang menggunakan reaktor nuklir generasi ketiganya.

Reaktor nuklir generasi ketiga tersebut diberi nama Hualong One sebagaimana dilansir dari Associated Press.

PLTN tersebut terletak di Kota Fuqing, Provinsi Fujian, China. PLTN tersebut dirancang berumur 60 tahun dengan peralatan intinya diproduksi dalam negeri.

Baca juga: Air Limbah Radioaktif PLTN Fukushima Akan Dibuang ke Laut, Apa Bahayanya?

Setiap unit reaktor Hualong One memiliki kapasitas terpasang 1.170 megawatt.

China National Nuclear Corp (CNNC) mengatakan, listrik yang dihasilkan dari reaktor tersebut dapat memenuhi kebutuhan listrik domestik tahunan dari 1 juta orang.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Presiden CNNC Yu Jianfeng bertutur, dengan dioperasikannya Hualong One, China kini sejajar dengan negara-negara maju seperti Amerika Serikat (AS), Perancis, dan Rusia.

Baca juga: China Bakal Tambah 2 PLTN Tahun Ini

“Dengan dioperasikannya Hualong One, China sekarang berada di garis depan dalam pemanfaatan teknologi nuklir generasi ketiga di dunia,” ujar Yu.

Yu menambahkan, komersialisasi listrik yang dihasilkan Hualong One akan mengurangi emisi karbon.

Dan itu, akan membantu China dalam mencapai tujuan rendah karbon seperti netralitas karbon sebelum 2060.

Baca juga: Inspirasi Energi: Ini Seluk Beluk Barakah, PLTN Pertama Bangsa Arab

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X