Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Informasi Simpang Siur, Garda Nasional Sempat “Diusir” Sebelum Diminta Kembali Masuk Gedung Capitol

Kompas.com - 23/01/2021, 16:41 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber CNN

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Serangkaian miskomunikasi seputar situasi keamanan di Gedung Capitol membuat pasukan Pengawal Nasional sempat diminta keluar dari Gedung Parlemen.

Mereka dipindahkan dari Capitol ke garasi parkir terdekat untuk beristirahat di beton di garasi parkir, pada Kamis malam (21/1/2021). Namun setelah banyak mendapat sorotan, kesalahan itu diperbaiki dan mereka dipindahkan kembali ke Gedung Capitol.

Tidak jelas mengapa pasukan diberi kesan bahwa mereka tidak lagi diterima di Capitol, bahkan saat tugas mereka untuk melindunginya sedang berlangsung.

Melansir CNN pada Jumat (22/1/2021), masih belum jelas apa penyebab kejadian tersebut. Sejumlah pihak memberikan informasi yang saling bertentangan dan saling tuding, sehingga hanya menambah kebingungan.

Garda Nasional dengan cepat menyalahkan Polisi Capitol sebagai otoritas yang mengarahkan pasukan mereka untuk mengosongkan tempat itu Kamis malam. Tetapi Polisi Capitol segera membantah tudingan itu.

Hingga Jumat sore, kedua unit telah mengeluarkan pernyataan bersama untuk menyelesaikan konflik. Tetapi surat tersebut masih menyisakan pertanyaan tentang siapa yang memberi perintah awal pemindahan.

Baca juga: Lebih dari 150 Garda Nasional yang Berjaga di Pelantikan Joe Biden Positif Covid-19


 

Menurut satu sumber di Kantor Administratif Pengadilan, sebuah agen yang menempati gedung Peradilan Federal Thurgood Marshall di mana garasi itu berada, Garda Nasional memutuskan menggunakan garasi parkir setelah diperlihatkan fasilitas tersebut pada 19 Januari.

Menurut sumber di Komite Senat, rencana telah dibuat untuk memindahkan lokasi peristirahatan pasukan tersebut dari Capitol. Mereka masih ditugaskan atas kekhawatiran ancaman keamanan bahkan beberapa hari setelah pelantikan.

Panitia menyiapkan akomodasi alternatif bagi pasukan untuk pindah ke gedung perkantoran selama jangka waktu tersebut, dengan harapan mereka dapat kembali pada Kamis (21/1/2021).

Tetapi masalah komunikasi tampaknya terjadi selama diskusi, dalam perencanaan penempatan pasukan di lingkungan Capitol.

Beberapa sumber di Komite Senat mengonfirmasi bahwa komite mengadakan panggilan staf pada Kamis malam untuk membahas rencana masa depan pasukan.

Menurut ajudan komite senat, tujuannya adalah agar pasukan ditampung di Pusat Pengunjung Capitol alih-alih ruang Senat di Kompleks Capitol, sehingga kantor-kantor itu dapat digunakan Senat bekerja mulai Senin (25/1/2021).

Baca juga: Potensi Ekstremis, 12 Anggota Garda Nasional Dicopot dari Tim Keamanan Biden

Ketua Komite Angkatan Bersenjata Senat James Inhofe mengklaim bahwa seorang perwira mengeluarkan perintah tanpa konfirmasi dari atasannya di Senat.

"Inilah yang terjadi. Ada seorang polisi berseragam yang mengeluarkan perintah, tanpa wewenang atau tanpa melalui jalur komando," kata Inhofe.

"Kami akan dapat mengidentifikasi siapa orang itu, kami akan mempublikasikannya."

Inhofe, yang mengatakan dia telah berbicara dengan pejabat Kepala Polisi Capitol Yogananda Pittman dan Kepala Staf Angkatan Darat James McConville tentang situasi tersebut menambahkan, "Ini bukan untuk menyalahkan. Tapi saya ingin tahu apa yang terjadi untuk memastikan itu tidak terjadi. tidak terjadi lagi. "

Pernyataan dari Garda Nasional, Kepolisian Capitol dan Sersan di DPR dan Senat semuanya membantah bahwa merekalah yang memberi perintah.

Ketika anggota parlemen menuntut jawaban seputar siapa yang memerintahkan pasukan Garda Nasional untuk dipindahkan Kamis malam, diskusi sedang berlangsung tentang bagaimana mencegah masalah serupa muncul ke depan, sumber yang mengetahui pembicaraan itu mengatakan kepada CNN.

Baca juga: Siaga 24 Jam, Gedung Capitol Berubah Jadi “Barak” Garda Nasional AS

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com