Kompas.com - 12/01/2021, 22:26 WIB
Ilustrasi virus corona SHUTTERSTOCK/RUKSUTAKARN studioIlustrasi virus corona

WUHAN, KOMPAS.com - Badan Kesehatan Dunia (WHO) yang mengirimkan para ilmuwan menyelidiki asal-usul pandemi Covid-19 di Wuhan menegaskan misi mereka bukan untuk menyalahkan China.

Melansir The Guardian pada Selasa (12/1/2021) para ilmuwan WHO terbang ke Wuhan untuk mempelajari lokasi penyebaran pertama dan bertemu dengan para ilmuwan China yang telah mempelajari virus corona di sana.

Mereka ingin melihat sampel penyakit virus corona yang telah diperiksa dan ingin mengetahui cara-cara bagaimana virus itu dapat melompat ke manusia.

Baca juga: Penampakan Goa Wanling yang Diduga Asal-Usul Covid-19, Dijaga Ketat dan Ditutup-tutupi

Kemudian dikatan suatu hal yang tidka menjadi misi mereka adalah "menyalahkan China", sesuatu yang diperintahkan lama oleh pemerintahan Trump dan aliansinya.

Fabian Leendert dari profesor mikroorganisme patogen dari badan kesehatan masyarakat Jerman, Institut Robert Koch, dan bagian dari tim WHO mengungkapkan betapa sulitnya melacak asal-usul Covid-19.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Terlibat dalam melacak sumber wabah Ebola 2014 di Afrika barat ke koloni kelelawar di pohon, dia juga bekerja untuk mengidentifikasi kapan campak mungkin pertama kali menyerang manusia.

Baca juga: Tim WHO yang Dikirim untuk Selidiki Asal-usul Covid-19 Ditolak Masuk China

Sehingga, beberapa pihak telah membangun ekspektasi yang cukup besar untuk terpecahkannya asal-usul Covid-19 dalam kunjungan pertamanya.

Leendertz memperingatkan bahwa pengalamannya menunjukkan bahwa perlu waktu cukup lama untuk sampai ke awal kemunculan wabah, jika ada.

"Kita akan lihat berapa lama. Ada kemungkinan kecil kami hanya akan membuat skenario, bahwa kami tidak dapat memberikan bukti ilmiah, seperti makalah," ucapnya.

Baca juga: Ada Indikasi Politis Tertundanya Tim WHO Selidiki Asal-usul Virus Corona di China

"Mudah-mudahan tidak butuh waktu lama," ujarnya.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.