Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengawal Putin Ditemukan Tewas Bunuh Diri di Kremlin

Kompas.com - 02/12/2020, 07:37 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

MOSKWA, KOMPAS.com - Pengawal Presiden Rusia Vladimir Putin bunuh diri dengan pistol saat bertugas malam di Kremlin, Moskwa, lapor Daily Mirror, Senin (30/11/2020).

Pengawal itu bernama Mikhail Valeryevich Zakharov (33) yang merupakan bagian dari Departemen Perlindungan Pribadi dan Layanan Pelindung Federal (FSO).

Dilansir dari kantor berita Rusia, TASS, anggota staf itu bunuh diri saat bertugas dan penyelidikan atas kematiannya pun dimulai.

Baca juga: Sebuah Investigasi Klaim Presiden Putin Punya Anak Perempuan di Luar Nikah

Istri dari Zakharov dikabarkan bahwa suaminya itu meninggal dunia namun tidak diberitahu bahwa kematiannya sebab bunuh diri.

Zakharov ditemukan sudah tak bernyata di dekat Katedral utama di dalam Kremlin. Informasi lebih detail akan kematiannya tidak dipublikasikan.

Kematian sosok Zakharov terjadi di tengah klaim bahwa petugas layanan pelindungan elit Kremlin menghadapi beban kerja berat karena kekurangan pegawai.

Baca juga: Erdogan ke Putin: Upaya Gencatan Senjata Nagorno-Karabakh Bisa Mencakup yang Lain

Beberapa dari mereka bahkan mengeluh tidak dibayar untuk jam kerja ekstra mereka.

FSO, lembaga di mana Zakharov bekerja adalah badan yang bertanggung jawab atas keamanan Putin serta pejabat tinggi negara bagian lainnya.

Anggota FSO berhak melakukan penggeledahan dan pengawasan tanpa surat perintah, melakukan penangkapan, dan memberi perintah kepada lembaga negara lainnya.

Baca juga: Parlemen Rusia Akan Beri Kekebalan Hukum Seumur Hidup ke Putin

Hampir setahun yang lalu, wakil komandan resimen presiden, bagian dari FSO, ditemukan tewas di rumahnya di Moskwa. Roman Lotvin (47) dilaporkan meninggal karena gantung diri.

Kremlin kompleks berbenteng di pusat kota Moskwa merupakan pusat kekuasaan di Rusia. Tak hanya Zakharov dan Roman Lotvin, pada Maret lalu seorang penembak jitu Kremlin yang masih berusia 24 tahun, juga ditemukan tewas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com