Dilelang, Satu Sepatu Sutra Marie Antoinette Laku Seharga Hampir 4 Avanza

Kompas.com - 16/11/2020, 09:40 WIB
Tangkapan layar dari situs web lelang Osenat, menampilkan satu sepatu sutra Marie-Antoinette dilelang mulai Rp 113 juta pada Minggu (15/11/2020). OSENATTangkapan layar dari situs web lelang Osenat, menampilkan satu sepatu sutra Marie-Antoinette dilelang mulai Rp 113 juta pada Minggu (15/11/2020).

VERSAILLES, KOMPAS.com - Satu sepatu putih milik ratu terakhir Perancis sebelum Revolusi 1789, Marie Antoinette, yang terbuat dari sutra dan kulit kambing laku 43.750 euro (Rp 732 juta) pada Minggu (15/11/2020).

Sepatu Marie Antoinette sepanjang 22,5 cm itu kira-kira setara dengan ukuran 36 Eropa, berhias pita-pita dan dalam kondisi baik, meski ada sedikit cacat di sutranya, kata rumah lelang Osenat.

Kantor berita AFP mewartakan, para kolektor internasional menunjukkan minat tinggi kepada sebiji sepatu Marie Antoinette itu.

Baca juga: Satu Sepatu Sutra Marie Antoinette Ratu Terakhir Perancis Dilelang Mulai Rp 113 Juta

Osenat mengatakan, dari harga awal 8.000-10.000 euro (Rp 113-141juta) merangkak cepat sampai 43.750 euro yang jatuh kepada pembeli yang tak disebut identitasnya.

Harga itu setara dengan hampir 4 unit mobil Avanza, yang satu unitnya rata-rata seharga Rp 200 juta-an.

Lelang sepatu Marie Antoinette itu dilakukan di Versailles, kota di sebelah barat Paris yang pernah menjadi rumah bagi istana Kerajaan Perancis.

Istana Versailles termasuk Grand Hall of Mirrors dan pekarangannya adalah salah satu obyek wisata utama di "Negeri Anggur" tersebut.

Baca juga: Siapakah Marie Antoinette yang Dikenal Madame Déficit?

Sejak kedatangan Marie Antoinette di sana pada usia 15 tahun, ia langsung menikmati gaya hidup mewah.

Halaman:

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X