Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satu Sepatu Sutra Marie Antoinette Ratu Terakhir Perancis Dilelang Mulai Rp 113 Juta

Kompas.com - 14/11/2020, 16:35 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

PARIS, KOMPAS.com - Satu sepatu putih elegan yang terbuat dari sutra dan kulit kambing milik Marie Antoinette ratu terakhir Perancis sebelum Revolusi 1789 akan dilelang pada Minggu (15/11/2020).

Sepatu sepanjang 22,5 cm itu dihiasi dengan pita-pita di dekat ujungnya, dan dalam kondisi baik meski ada sedikit cacat di sutranya, kata rumah lelang Osenat.

Diberitakan AFP, harga sepatu itu mulai 8.000-10.000 euro (Rp 113-141juta).

Baca juga: Siapakah Marie Antoinette yang Dikenal Madame Déficit?

Dalam pergolakan Revolusi Perancis, sepatu itu akhirnya berpindah kaki menjadi milik Marie-Emilie Leschevin, seorang teman dekat kepala pelayan ratu, yang suaminya meninggal karena dipenggal dengan guillotine dalam Revolusi Perancis.

Kepemilikan sepatu lalu beralih ke keluarganya selama beberapa generasi, sebelum dilelang 227 tahun setelah kematiannya.

Marie-Antoinette yang lahir sebagai adipati wanita Austria, adalah istri Louis XVI yang digulingkan oleh Revolusi Perancis 1789.

Baca juga: Biografi Tokoh Dunia: Marie Antoinette, Ratu di Masa Revolusi Perancis

"Berikan mereka kue," katanya kadang-kadang saat diberitahu petani kelaparan karena tidak ada roti.

Pasangan kerajaan itu dieksekusi dengan guillotine pada 1793, tetapi pesona Marie-Antoinette kadung berpendar di Perancis.

Tahun lalu sebuah pameran di Conciergerie bekas penjara Perancis tempat Marie Antoinette dipenjara sebelum dieksekusi, menelusuri kembali perubahan representasu ratu Perancis terakhir melalui lukisan, manga, film, bahkan boneka Barbie.

Pada Mei koper Marie Antoinette mendapat tawaran tinggi di lelang, seperti halnya pakaian yang dikenakannya saat pelantikan sebagai ratu pada 1775.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Ratu Perancis Marie Antoinette Dipenggal

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com