Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Kembali, Anak dengan 526 Gigi di India

Kompas.com - 16/11/2020, 09:07 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

Sumber CNN

NEW DELHI, KOMPAS.com - Seorang anak laki-laki berusia 7 tahun mengeluhkan rahangnya yang sakit. Ketika dibawa ke rumah sakit, dokter menemukan 526 gigi di dalam mulutnya. 

Kabar ini kembali beredar di media sosial meski sudah terjadi tahun lalu, tepatnya pada akhir Juli 2019 seperti diberitakan CNN.

Bocah laki-laki itu dirawat oleh tim medis di bagian selatan kota Chennai, India karena terus mengeluhkan rasa sakit di rahang bawahnya yang bengkak.

Baca juga: Sikat Gigi Tertelan saat Pria Ini Bersihkan Mulut Bagian Belakang

Ketika para dokter memindai dan melakukan sinar X terhadap mulut anak itu, mereka menemukan kantung yang tertanam di rahang bagian bawah yang berisi 'gigi-gigi abnormal'.

Keterangan itu diberikan oleh Dr Prathiba Ramani, kepala Patologi Mulut dan Maksilofasial di Saveetha Dental College and Hospital, lapor CNN.

Baca juga: Ibu asal AS Ditemukan Tewas di Meksiko dengan Seluruh Gigi Dicopot

Dari kantung yang tertanam di rahang bawah anak itu, 2 dokter ahli bedah menghabiskan waktu 4 hingga 5 jam dan berhasil mengeluarkan ratusan gigi dari sana.

Ukuran gigi yang dikeluarkan dari rahang itu bermacam-macam dan tentunya semua gigi itu berukuran sangat kecil, seperti pecahan gigi.

Dr Ramani mengatakan, "Ada total 526 gigi dari ukuran 0,1 milimeter sampai 15 milimeter. Bahkan potongan terkecilnya memiliki mahkota, akar dan lapisan enamel yang menandakan itu adalah gigi."

Baca juga: Gigi Copot Saat Siaran Langsung, Presenter Ini Tetap Profesional Bertugas

Bocah laki-laki itu akhirnya diperbolehkan pulang 3 hari setelah operasi dan diharapkan sembuh total.

Menurut keterangan medis, anak laki-laki itu menderita kondisi langka yang disebut compound composite ondontoma alias ondontoma gabungan majemuk.

Faktor penyebabnya masih belum jelas namun diperkirakan karena faktor genetik maupun lingkungan seperti radiasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com