Presiden Polandia Andrzej Duda Positif Covid-19 Meski Merasa Baik-baik Saja

Kompas.com - 24/10/2020, 16:09 WIB
Presiden Polandia Andrzej Duda Twitter @AndrzejDudaPresiden Polandia Andrzej Duda

WARSAWA, KOMPAS.com - Presiden Polandia Andrzej Duda dinyatakan positif terinfeksi virus corona dan akan melakukan karantina meski merasa dirinya baik-baik saja.

Pengumuman itu disampaikan oleh Menteri Kepresidenan Polandia Blazej Spychalski pada Sabtu (24/10/2020) sebagaimana dilansir dari Reuters.

“Presiden kemarin dites virus corona. Hasilnya ternyata positif. Presiden baik-baik saja. Kami selalu berhubungan dengan layanan medis yang relevan,” tulis Spychalski di Twitter.

Duda memegang jabatan seremonial di Polandia, tetapi memiliki kekuasaan untuk memveto undang-undang.

Baca juga: Kasus Covid-19 Semakin Meningkat, Stadion di Polandia Bakal Dijadikan RS

Dia adalah sekutu dari partai Hukum dan Keadilan (PiS) nasionalis yang berkuasa.

"Presiden masih muda, saya pikir dia akan melalui infeksinya tanpa masalah," kata Wakil Menteri Kesehatan Polandia Waldemar Kraska kepada radio swasta RMF.

Kraska berharap seluruh masyarakat yang sempat berkontak langsung dengan Duda dalam beberapa hari ini segera melakukan karantina, termasuk petenis Iga Swiatek.

Swiatek, yang baru saja memenangi kejuaraan Perancis Open, bertemu dengan Duda pada Jumat (23/10/2020).

Baca juga: Belarus Klaim Racun Novichok untuk Navalny Rekayasa Jerman dan Polandia

Ketika bertemu dengan Duda, dia dianugerahi Gold Cross of Merit atas prestasinya dalam olahraga dan mempromosikan Polandia di kancah internasional.

Mulai Sabtu, Polandia akan menerapkan pembatasan yang lebih ketat untuk menekan penyebaran virus corona, termasuk penutupan restoran dan bar selama dua pekan.

Halaman:

Sumber Reuters
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X