[Biografi Tokoh Dunia] Pablo Picasso Anak Seniman yang Diyakini Ibunya menjadi Orang Hebat

Kompas.com - 24/10/2020, 15:55 WIB
Pablo Picasso. (Wikart) Pablo Picasso. (Wikart)

KOMPAS.com - Pablo Picasso adalah salah satu seniman terbesar abad ke-20, yang terkenal dengan lukisan seperti "Guernica" dan gerakan seni Kubisme.

Pablo Picasso memiliki nama lengkap yang sangat panjang, yaitu Pablo Diego José Francisco de Paula Juan Nepomuceno María de los Remedios Cipriano de la Santísima Trinidad Martir Patricio Clito Ruíz y Picasso.

Picasso lahir di Málaga, Spanyol, dan jika masih hidup, ia akan merayakan ulang tahunnya ke-139 tahun, pada 25 Oktober.

Ibu Picasso adalah Doña Maria Picasso y Lopez. Ayahnya adalah Don José Ruiz Blasco, seorang pelukis dan guru seni.

Sedari muda Picasso sudah terlihat sebagai seorang anak yang serius dan dewasa dalam melakukan sesuatu.

Picasso muda memiliki sepasang mata hitam yang tajam dan waspada, yang sepertinya menandai bahwa dia ditakdirkan untuk menjadi orang hebat.

“Ketika saya masih kecil, ibu saya berkata kepada saya, 'Jika kamu menjadi tentara, kamu akan menjadi seorang jenderal. Jika kamu menjadi seorang biarawan kamu akan menjadi paus,'” kenang Picasso saat itu seperti yang dilansir dari Biography pada 27 April 2017

"Sebaliknya, saya menjadi pelukis dan berakhir sebagai Picasso," ucapnya.

Picasso tumbuh besar dalam keluarga yang sederhana, tapi menjadi siswa yang luar biasa dalam menggambar di usia sangat muda.

Menurut cerita yang beredar, kata pertama yang diucapkan Picasso kecil adalah "piz, piz", ucapan anak kecil yang dimaksudkan untuk kata "lápiz", yang artinya pensil.

Baca juga: [Biografi Tokoh Dunia] Antonie van Leeuwenhoek, Pedagang Kain yang Jadi Pakar Mikrobiologi

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X