Strategi Kampanye Perubahan Iklim, Patung Lilin Ini Dibiarkan Meleleh

Kompas.com - 27/09/2020, 12:33 WIB
Sebuah patung lilin seorang pria dan cucunya dibiarkan meleleh di luar balai kota Orlando, Florida, Amerika Serikat (AS). Patung lilin tersebut dipadang pada Kamis (24/9/2020) sebagai bagian dari kampanye ?Florida yang Meleleh?. Screengrab YouTube The CLEO InstituteSebuah patung lilin seorang pria dan cucunya dibiarkan meleleh di luar balai kota Orlando, Florida, Amerika Serikat (AS). Patung lilin tersebut dipadang pada Kamis (24/9/2020) sebagai bagian dari kampanye ?Florida yang Meleleh?.

ORLANDO, KOMPAS.com – Sebuah patung lilin berbentuk seorang pria dan cucunya dibiarkan meleleh di luar balai kota Orlando, Florida, Amerika Serikat ( AS).

Aksi tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya perubahan iklim.

Patung tersebut dipasang oleh lembaga pemerhati lingkungan non-profit bernama CLEO Institute.

Baca juga: Satu Bulan Undur Pemilu, Krisis dan Perubahan Iklim Jadi Isu Utama Kampanye di Selandia Baru

CLEO Institute sengaja memasang patung lilin yang berbentuk seorang pria dan cucu perempuannya duduk di atas bangku.

Dilansir dari United Press International, Jumat (25/9/2020), patung lilin tersebut dipasang pada Kamis (24/9/2020) sebagai bagian dari kampanye “Florida yang Meleleh".

Patung lilin tersebut sengaja dirancang untuk meleleh selama beberapa hari.

Baca juga: Tepis Isu Pemanasan Global, Biden Sebut Trump Pembakar Iklim

Hingga akhirnya, sebuah pesan bertuliskan “lebih banyak panas, lebih sedikit kesehatan” muncul setelah patung itu meleleh sepenuhnya.

"Meningkatnya suhu dan krisis iklim memengaruhi cara hidup kita," kata Direktur Eksekutif CLEO Institute Yoca Arditi-Rocha dalam pemasangan patung lilin tersebut.

Dia menambahkan ketika suhu bumi meningkat, tingkat ground ozon turut meningkat yang memicu masalah pernapasan dan penyakit kardiovaskular.

Baca juga: Sebut Kebakaran California Mendingin, Trump Tepis Isu Perubahan Iklim

Sebelumnya, kampanye “Florida yang Meleleh” juga digelar di Tampa, Florida, dengan memasang patung lilin macan kumbang.

Selain itu, CLEO Institute juga memasang patung lilin rumah penjaga pantai di Pantai Miami, Florida, dalam kampanye tersebut.


Sumber UPI
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X