Kremlin: Barang Buktinya di Luar Negeri, Susah Selidiki Keracunan Navalny

Kompas.com - 19/09/2020, 15:35 WIB
Pemimpin oposisi Rusia Alexei Navalny saat menunggu persidangan kasusnya di Strasbourg, Perancis, 15 November 2018. REUTERS/VINCENT KESSLERPemimpin oposisi Rusia Alexei Navalny saat menunggu persidangan kasusnya di Strasbourg, Perancis, 15 November 2018.

MOSKWA, KOMPAS.com - Kremlin pada Jumat (18/9/2020) mengatakan, kemampuan Rusia untuk menyelidiki dugaan keracunan politisi oposisi Alexei Navalny "terbatas" karena barang bukti dibawa ke luar negeri.

Mereka menuduh para ajudan Navalny mengambil barang bukti potensial dari hotel dan membawanya ke Jerman.

Anggota tim Navalny pada Kamis (17/9/2020) mengatakan, para ahli di Jerman menemukan Novichok racun saraf era Soviet, di botol air yang diambil dari kamar hotel Siberia.

Baca juga: Ajudan Navalny Temukan Jejak Racun Novichok di Botol dari Hotel

Navalny menginap di sana sebelum jatuh sakit bulan lalu.

Botol itu tampaknya menjadi bukti kunci untuk kesimpulan yang diambil Jerman, bahwa kritikus vokal Presiden Vladimir Putin berusia 44 tahun itu diracuni dengan senjata kimia terlarang.

Juru Bicara Putin Dmitry Peskov pada Jumat (18/9/2020) menegaskan kembali keluhan bahwa Moskwa sulit bergerak, karena Jerman belum membagikan temuannya dengan Rusia dan menuduh para ajudan Navalny mengambil bukti potensial.

Baca juga: Rusia Khawatir Jerman Bawa-bawa Kasus Navalny dalam Proyek Kerja Sama Pipa Gas

"Sayangnya, kemampuan kami untuk benar-benar melakukan penyelidikan agak terbatas," ucap Peskov kepada wartawan yang dikutip kantor berita AFP.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Sumber AFP
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X