Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump dan Xi Jinping Kirim Pesan ke Jokowi terkait HUT Ke-75 RI

Kompas.com - 18/08/2020, 19:00 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Editor

Sumber Antara

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping mengirimkan pesan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait 75 tahun kemerdekaan Indonesia.

Pesan berisi ucapan selamat itu disampaikan oleh masing kedutaan besar dua negara, seperti diberitakan kantor berita Antara Senin (17/8/2020).

"Xi Jinping, dalam suratnya, menyebut China dan Indonesia saat ini memelihara kecenderungan hubungan baik. Kedua pihak bersama-sama menanggulangi wabah Covid-19," tulis Kedubes China.

Baca juga: Para Pemimpin Negeri Muslim Ucapkan Selamat Hari Kemerdekaan kepada Indonesia

Presiden China sejak 2013 itu menyatakan, dia menaruh perhatian pada relasi bilateral dan bersedia berupaya bersama Jokowi untuk secepatnya mengalahkan Covid-19.

Selain Xi, Presiden Donald Trump juga mengirimkan pesan demokrasi dalam peringatan 75 tahun kemerdekaan Indonesia, yang terdiri dari tiga baris.

"Atas nama Amerika Serikat, dengan penuh suka cita saya ingin mengucapkan selamat kepada Anda dan rakyat Indonesia yang merayakan peringatan Hari Kemerdekaan ke-75 pada 17 Agustus," ujar dia.

Presiden Trump menyatakan, AS dan Indonesia adalah negara demokratis, dengan komitmen untuk memajukan perdamaian dan kesejahteraan dunia, termasu di Indo-Pasifik.

Dia menjelaskan kesamaan nilai dua negara merupakan model menjalin hubungan strategis, yang saat ini fokus melawan pandemi virus corona.

"Kemitraan strategis antara AS dan Indonesia berakar pada nilai-nilai bersama, hubungan antarmasyarakat yang mendalam, serta hubungan perdagangan dan investasi yang dinamis," paparnya.

"Di saat-saat yang penuh tantangan ini, upaya bersama kita menanggulangi dampak Covid-19 akan semakin memperdalam kemitraan kita. [...] saya ucapkan sukses selalu seiring perayaan hari yang istimewa ini," demikian pesan Trump.

Selain dari Trump dan Xi Jinping, sejumlah pemimpin dunia juga mengucapkan selamat atas HUT ke-75 RI, seperti Raja Salman dari Arab Saudi.

Kemudian Sultan Oman Haitham Bin Tarik, penguasa Brunei Sultan Hassanal Bolkiah, serta Pemimpin Tertinggi Korea Utara, Kim Jong Un.

Baca juga: Kim Jong Un Beri Ucapan Selamat HUT Ke-75 Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com