Wabah Covid-19, Sri Paus Fransiskus Gelar Berkat Urbi et Orbi

Kompas.com - 28/03/2020, 15:43 WIB
Paus Fransiskus selama berkat Urbi et Orbi di tangga Basilika Santo Petrus vatican newsPaus Fransiskus selama berkat Urbi et Orbi di tangga Basilika Santo Petrus

VATICAN CITY, KOMPAS.com - Sri Paus Fransiskus menyampaikan berkat Urbi et Orbi pada Jumat (27/3/2020) untuk memohon berakhirnya wabah virus corona.

Paus Fransis menggelar berkat khusus Urbi et Orbi atau 'to the City and to the world' di tangga Basilika Santo Petrus.

Biasanya agenda khusus itu dilaksanakan pada Hari Raya Natal dan Minggu Paskah. Namun, kondisi wabah global akhirnya membuat Paus Fransis memutuskan untuk menggelar berkat tersebut dan disiarkan secara daring (streaming).

Di dalam berkatnya, Paus Fransiskus mengutip ucapan Yesus kepada muridnya, "Kenapa kalian takut? Tidak kah kalian memiliki iman?"

Paus Fransis melakukan doa itu di saat hujan turun lebat. Dia berbicara kepada seluruh umat di dunia melalui platform media daring seperti Facebook, YouTube, TV dan radio.

Baca juga: Tekan Infeksi Virus Corona, Vietnam Gunakan Warga sebagai Informan

Sementara itu, Paus Fransis menawarkan meditasi atas krisis yang dihadapi dunia saat ini. Dia merujuk pada ayat di dalam injil, lebih tepatnya pada Markus (4:35-41).

Paus kemudian memaparkan kondisi mencekam di Italia dengan uraian kata yang mendalam.

Dia berkata bahwa sudah berminggu-minggu lamanya kegelapan tebal menutupi alun-alun, ruas jalan dan kota-kota.

"Kegelapan itu telah mengambil alih kehidupan kita. Mengisi segala sesuatu dengan keheningan yang memekakkan telinga.

Kekosongan yang menyusahkan, menghentikan segalanya saat itu berlalu. Kami merasakannya di udara, kami melihatnya dalam gerakan orang-orang, tatapan mereka memberi makna."

Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X