Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/03/2020, 13:43 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

WUHAN, KOMPAS.com - Seorang penjual udang di Pasar Seafood Huanan, Wuhan, China, kemungkinan merupakan "pasien nol" dari wabah virus corona.

Berdasarkan pemberitaan Wall Street Journal, pasien itu disebut merupakan perempuan berusia 57 tahun yang bernama Wei Guixian.

Dikutip New York Post Jumat (27/3/2020), Wei bisa jadi merupakan orang pertama dari Pasar Seafood Huanan di Wuhan yang terinfeksi virus corona.

Baca juga: Asal Wabah Virus Corona yang Mematikan Terungkap

WSJ mengulas harian lokal China, The Paper, dan menceritakan awalnya Wei bekerja seperti biasa pada 10 Desember saat mengalami gejala demam.

Merasa tidak enak badan, dia segera memeriksakan diri ke klinik terdekat dan kembali bekerja. Di saat itulah, dia diyakini menyebarkan virus itu.

"Saya merasa lelah. Tapi tidak seperti tahun-tahun sebelumnya," kata Wei. "Setiap musim dingin, saya selalu menderita flu. Jadi saya kira ini hal biasa," lanjut dia.

Dia kemudian mengunjungi lagi klinik itu pada 11 Desember, dan menerima suntikan. Tapi karena masih belum sembuh, dia pergi ke Rumah Sakit Nomor 11 Wuhan.

Di rumah sakit, ternyata dokter tidak mampu mendeskripsikan sakit apa sebenarnya Wei. Jadi, mereka hanya sebatas memberikan pil.

Segera setelah memeriksakan diri ke rumah sakit, perempuan yang diyakini adalah "pasien nol" itu merasa kondisinya makin memburuk.

Baca juga: Penelusuran Pasien Nol Virus Corona Mengarah ke Kasus 17 November

"Saya tidak nyaman. Rasanya seperti tidak punya tenaga," paparnya. Jadi, dia mencoba mendapat opini kedua di Rumah Sakit Persatuan Wuhan.

Di RS terbesar kota tersebut, dokter mengatakan penyakitnya "kejam", dan menceritakan sejumlah orang di Pasar Seafood Huanan juga mengalami gejala sama seperti dirinya.

Pada akhir Desember 2019, Wei mengungkapkan dia dikarantina, dengan dokter berhasil menemukan hubungan antara virus dengan pasar.

Pada 31 Desember 2019, sebuah rilis dari Komisi Kesehatan Wuhan menyatakan, Wei termasuk satu dari 27 pasien yang positif terinfeksi Covid-19.

Selain itu, ibu penjual udang tersebut juga menjadi satu dari 24 kasus yang mempunyai keterkaitan langsung dengan pasar hasil laut itu.

Baca juga: Virus Corona Ternyata Tak Berasal dari Pasar Seafood Wuhan, Ini Faktanya

Wei, yang kini telah pulih dan meninggalkan RS pada Januari menduga, kemungkinan dia terinfeksi dari toilet yang dia pergunakan di pasar.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com