Paus Fransiskus Sumbang 30 Respirator untuk Bantu Pasien Virus Corona

Kompas.com - 28/03/2020, 12:00 WIB
Paus Fransiskus menyapa umatnya di audiensi umum mingguan di Vatikan, Rabu (26/2/2020). Remo Casilli/REUTERSPaus Fransiskus menyapa umatnya di audiensi umum mingguan di Vatikan, Rabu (26/2/2020).

VATICAN CITY, KOMPAS.com - Vatikan menyatakan, Paus Fransiskus memberikan donasi sekitar 30 respirator untuk membantu merawat pasien virus corona.

Pernyataan dari Kantor Almoner (Amal) Kepausan, Kardinal Konrad Krajewski, tidak menyebutkan di mana alat bantu pernapasan itu bakal dikirimkan.

Kabar itu terjadi setelah virus corona menjangkiti lebih dari 86.000 di seantero Italia, dengan 91.234 di antaranya meninggal.

Baca juga: Berdoa agar Virus Corona Berakhir, Paus Fransiskus Kunjungi Roma yang Sepi

Dilansir Al Jazeera Jumat (27/3/2020), Vatikan menyatakan menggelar tes bagi para pastor yang tinggal di lingkungan sama dengan Paus Fransiskus.

Selain itu berdasarkan penuturan sumber internal Takhta Suci, mereka berencana memindahkan imam yang terinfeksi ke tempat lain.

Langkah itu terjadi beberapa hari setelah pastor yang tinggal di permukiman Santa Maria dan bekerja di Sekretariat Negara positif terpapar.

Keterangan dari sumber itu adalah satu dari sekian banyak kekhawatiran akan merebaknya wabah di Santa Maria, lokasi tempat Paus tinggal sejak 2013.

Hunian yang mempunyai 130 kamar dan mempekerjakan 30 orang itu adalah lokasi bagi sejumlah imam yang menempati posisi kunci di Vatikan.

Negara-kota itu memang telah menerapkan segala prosedur untuk mencegah penyebaran. Namun sejumlah kalangan melihatnya belum cukup.

"Santa Maria itu laksana bom waktu," kata seorang pejabat anonim. Mereka beranggapan bahwa penutupan adalah langkah terbaik.

Halaman:
Baca tentang

Sumber Al Jazeera
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X