Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Istri PM Spanyol Positif Virus Corona Setelah "Lockdown" Diumumkan

Kompas.com - 15/03/2020, 07:12 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

MADRID, KOMPAS.com - Istri Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez, Begona Gomez, dinyatakan positif virus corona beberapa jam setelah suaminya mengumumkan "lockdown".

Dalam keterangan kantor PM, baik Begona maupun suaminya dalam keadaan baik. Mereka berada di kediaman mereka sesuai anjuran otoritas kesehatan.

Beberapa jam sebelumnya, Sang Suami mengumumkan hampir "lockdown" total, di mana warga Spanyol dilarang keluar rumah kecuali bekerja, atau membeli kebutuhan harian.

Baca juga: Catatkan 1.500 Kasus Virus Corona dalam Sehari, Spanyol Bakal Umumkan Darurat Nasional

Dilansir AFP dan BBC Sabtu (14/3/2020), pemerintah Negeri "Matador" memutuskan menutup museum, pusat kebudayaan, hingga kegiatan olahraga.

Restoran dan kafe diminta untuk melayani layanan antar saja, dengan bank maupun stasiun pengisian bahan bakar tetap buka di tengah wabah virus corona.

Dikutip Sky News, kementerian dalam negeri bakal mengontrol kepolisian, dengan pasukan keamanan disiapkan guna berjaga-jaga.

Sanchez menyatakan, kebijakan itu merupakan bagian dari pengumuman darurat nasional yang dia sampaikan, dan berdurasi 15 hari.

PM Spanyol yang menjabat sejak 2018 itu berkata, krisis akibat corona membutuhkan "keputusan luar biasa", di mana dampaknya bisa menghantam ekonomi.

Dalam pernyataannya, Sanchez Sanchez meminta semua wilayah mengesampingkan ideologi mereka dan bersatu demi kepentingan rakyat.

"Saya ingin memberi tahu para pekerja, wirswasta, dan pengusaha bahwa pemerintah akan melakukan segala upaya untuk meredam krisis ini," kata dia.

Hingga saat ini, Negeri "Matador" melaporkan adanya 6.250 kasus dan 193 korban meninggal, kenaikan setelah sebelumnya diumumkan 120 korban meninggal.

Ini merupakan kondisi darurat nasional kedua yang diumumkan oleh Spanyol, setelah sebelumnya adalah peristiwa petugas pengontrol lalu lintas udara 2010 silam.

Baca juga: Cegah Virus Corona, Salam Namaste dari India Jadi Populer

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com