Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

PM Inggris Targetkan 100 Hari Anggota Negara G7 Kembangkan Vaksin Covid-19

LONDON, KOMPAS.com - Inggris pada Jumat (19/2/2021) menantang para negara anggota G7 untuk mengembangkan vaksin Covid-19 masa depan dengan target 100 hari.

Melansir Reuters pada Jumat (19/2/2021), Perdana Menteri Inggris Boris Johnson yang menjadi presiden G7 memiliki misi untuk membangun pendekatan antarnegara yang lebih terkoordinasi terhadap pandemi Covid-19 di masa depan, termasuk pembuatan perjanjian kesehatan global.

Johnson ingin mengubah kepemimpinan AS di bawah Donald Trump dalam G7 sebelumnya, dan menempatkan kehancuran Covid-19 dalam puncak agenda global, yang fokus menyoroti perihal kesehatan, perubahan iklim, serta pemulihan ekonomi yang adil.

Dia akan memulai agenda itu pada Jumat (19/2/2021) dengan berjanji untuk membagikan kelebihan dosis vaksin Covid-19 kepada negara berkembang, dan menyerukan bantuan pengembangan vaksin virus corona lebih cepat.

“Dengan memanfaatkan kecerdikan kolektif kami, kami dapat memastikan kami memiliki vaksin, perawatan, dan tes untuk bersiap-siap menghadapi ancaman kesehatan di masa depan, saat kami mengalahkan Covid-19 dan membangun kembali bersama-sama dengan lebih baik,” ujar Johnson.

Butuh waktu 314 hari dari identifikasi pertama kluster Covid-19 di China pada Desember hingga hasil uji coba vaksin pertama berhasil.

Inggris memuji itu sebagai pencapaian besar, tetapi mengatakan ke depan pencapaian itu harus dilakukan lebih cepat.

Ia mendorong target 100 hari yang sebelumnya ditetapkan oleh Koalisi untuk Inovasi Kesiapsiagaan Epidemi.

Johnson akan berkomitmen untuk mengirimkan sebagian besar kelebihan vaksin Covid-19 yang dimilikinya di akhir tahun ini ke skema Covax yang membantu memasok suntikan ke negara-negara miskin.

Dia akan mendorong negara G7 lainnya untuk melakukan hal yang sama.

“Sebagai pemimpin G7, kita harus mengatakan hari ini: jangan pernah lagi (menimbun vaksin Covid-19),” ucap Johnson akan memberi tahu Amerika Serikat, Jepang, Jerman, Perancis, Italia, dan Kanada.

Sementara itu, pertemuan G7 itu menjadi keterlibatan multilateral pertama Joe Biden sejak ia mengambil alih kursi pemerintahan Trump yang pendekatannya sering membuat upaya untuk membangun konsensus internasional berantakan.

https://www.kompas.com/global/read/2021/02/19/103219570/pm-inggris-targetkan-100-hari-anggota-negara-g7-kembangkan-vaksin-covid

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke