Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makanan dalam Rangkaian Acara Pranikah Kaesang-Erina, Tidak Makan di Tempat

Kompas.com - 09/12/2022, 11:57 WIB
Krisda Tiofani,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Rangkaian acara adat pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono sudah dimulai sejak Kamis (8/12/2022).

Mulai dari semaan, pengajian, siraman, hingga malam midodareni pada Jumat (9/12/2022), tidak ada agenda dine in atau makan di tempat.

"Tamu yang hadir itu daharnya pakai coffee break saja. Setelah acara selesai, akan diberikan hamper dan suvenir," kata Dani Wigung, pemilik Pengantin Production, penyelenggara pernikahan Kaesang-Erina di Yogyakarta saat dihubungi Kompas.com, Rabu (7/12/2022).

Dani mengatakan, coffee break berupa kudapan dan minuman akan disajikan sederhana. Begitu juga dengan hamper.

Tamu dalam rangkaian kegiatan adat Yogyakarta di kediamaan Erina akan mendapat hamper berbeda dari setiap acara.

Khusus acara semaan, anak-anak pondok akan dihidangkan makanan pagi bersama keluarga. 

Baca juga:

Para tamu kemudian diberikan hamper berupa menu makanan untuk keluarga untuk dibawa pulang. Baik pada pengajian, siraman, ataupun midodareni.

"Jadi daharan yang bisa dinikmati kelaurga, masing-masing di acara itu berbeda dan tidak berlebihan menurut saya, tetap dengan kesederhanaan, lebih dari cukup, dihaturkan sebagai bentuk penghormatan pada tamu undangan yang berkenan hadir," jelas Dani.

Selanjutnya, acara utama berupa akad nikah dan panggih (bukan resepsi) di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo Yogyakarta akan dihidangkan satu (set) menu makanan per tamu.

Sebanyak 300 tamu yang diperkirakan hadir akan menikmati hidangan dengan konsep klasik seperti zaman dulu.

Menu makanan yang dipilih merupakan sajian tradisional dengan tampilan modern, dikemas oleh koki di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo Yogyakarta. 

"Menu makanan semuanya dari hotel. Memilih menu makanan ladosan, jadi satu orang satu menu makanan, konsepnya klasik kayak zaman dulu, satu-satu begitu, bukan family ya," ujar Dani.

Baca juga:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com