Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

15 Oleh-oleh Khas Yogyakarta, Tidak Hanya Bakpia

Kompas.com - 13/11/2021, 17:02 WIB
Lea Lyliana

Penulis

KOMPAS.com - Berwisata ke suatu daerah tak lengkap jika tidak membawa oleh-oleh. Pasalnya, masing-masing daerah memiliki kuliner khas yang berbeda, termasuk Yogyakarta.

Yogyakarta memiliki banyak makanan yang bisa digunakan sebagai oleh-oleh, misalnya saja bakpia. Namun selain bakpia sebetulnya ada banyak kudapan lain yang cocok untuk buah tangan. 

Baca juga:

Berikut 15 oleh-oleh khas Yogyakarta yang bisa menjadi pilihan. 

1. Bakpia

Bakpia merupakan oleh-oleh khas Yogyakarta yang terkenal dan melegenda. Kue ini sudah ada sejak 1948. 

Di Yogyakarta ada banyak gerai bakpia yang populer, seperti Bakpia Pathok 25, Bakpia Kurnia Sari, Bakpia Citra Premium, dan masih banyak lainnya. 

Baca juga:

Masing-masing gerai memiliki ciri khas tersendiri sehingga kamu bisa memilih sesuai selera. Namun jika ingin membeli untuk oleh-oleh, baiknya pilih bakpia kering karena lebih tahan lama. 

Ilustrasi yangko, jajanan khas Yogyakarta yang mirip mochi. SHUTTERSTOCK/ M.Abdul Rokhman Ilustrasi yangko, jajanan khas Yogyakarta yang mirip mochi.

2. Yangko 

Yangko merupakan kue khas Yogyakarta yang tekstur dan rasanya mirip seperti mochi. Kue ini bisa menjadi pilihan jika kamu menyukai kudapan yang manis dan kenyal. 

Kamu dapat membeli yangko di toko oleh-oleh atau industri yangko rumahan. Salah satu yang terkenal yaitu Yangko Pak Prapto. 

Baca juga:

3. Geplak 

Geplak merupakan makanan khas Bantul yang terbuat dari parutan kelapa dan gula. Bentuk kudapannya yakni bulat dan berwarna-warni.

Tak sulit menemukan geplak di Yogyakarta, karena hampir semua toko oleh-oleh menjualnya. Untuk harga juga tak terlalu mahal, bahkan kamu bisa membeli dengan hitungan gram. 

Baca juga:

4. Gudeg kaleng

Beberapa tahun ke belakang, banyak penjual gudeg di Yogyakarta yang berinovasi dengan membuat gudeg kaleng. 

Sajian ini bisa menjadi pilihan jika kamu ingin menyantap gudeg otentik dari Yogyakarta di kampung halaman. Namun jika ingin dinikmati pada hari sama, agaknya gudeg kendil kering pun bisa menjadi pilihan.

 Baca juga:

5. Bakpia kukus 

Ilustrasi Bakpia Kukus Tugu Jogja. INSTAGRAM/ BAKPIA KUKUS TUGU JOGJA Ilustrasi Bakpia Kukus Tugu Jogja.

Ada banyak varian bakpia yang dijual di Yogyakarta. Salah satu yang populer yaitu bakpia kukus. Bakpia kekinian ini menjadi salah satu oleh-oleh favorit wisatawan selain bakpia pathok.

Tekstur rotinya yang empuk serta isinya yang melting membuat banyak kalangan menyukainya.

Baca juga:

 

Menurut Yudi Permadi, Head of Marketing dan Channel Bakpia Kukus Tugu Jogja, secara konsep bakpia kukus terinspirasi dari tokyo banana ala Jepang.

"Jadi, secara konsep mirip dengan Tokyo Banana, karena benchmarking ke sana," tambahnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com