Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/11/2022, 18:06 WIB

KOMPAS.com - Burger termasuk salah satu makanan cepat saji favorit. Di Indonesia, kamu bisa menemukan banyak kedai burger yang menawarkan aneka varian.

Hanbaga Burgers adalah satu di antara banyaknya kedai burger yang menjamur. Gerai makanan di Pasaraya Blok M ini menjual tujuh pilihan burger.

Mengusung konsep fusion Amerika-Jepang, tekstur hingga cita rasa burger dari dua negara tersebut menyatu dalam satu sajian di Hanbaga Burgers.

Hal spesial yang ditawarkan oleh Hanbaga Burgers adalah pembuatan setiap bahannya. Mulai dari roti, saus, hingga patty, dibuat langsung di sini.

Hanbaga Burgers juga menyediakan pilihan sajian selain burger, yakni kentang goreng dan rice bowl.

Kompas.com berkesempatan mencoba beberapa varian burger dan rice bowl di Hanbaga Burgers.

Baca juga: 

Burger enak di Hanbaga, Blok M, Jakarta Selatan.KOMPAS.com/MIFTAHUL RIZKY Burger enak di Hanbaga, Blok M, Jakarta Selatan.

Classic Hanbaga, burger pertama yang saya coba ini termasuk satu dari tiga sajian awal Hanbaga Burgers saat berdiri pada 2020 lalu.

Roti burgernya lembut, tetapi tidak begitu halus sehingga tidak terasa kosong saat dimakan.

Tekstur rotinya masih lumayan berserat seperti roti pada umumnya. Namun, masih lebih lembut dibandingkan dengan roti lain.

Hanbaga Burgers menggunakan roti yang sama untuk semua pilihan burgernya. Jadi, kamu bisa menikmati tekstur roti ini saat menyantap pilihan burger apa pun.

Roti bertekstur lembut itu kemudian bercampur dengan patty juicy yang dibuat dengan 100 persen daging sapi.

Patty burgernya terbuat dari 70 persen daging dan 30 persen lemak daging sehingga menghasilkan patty bertekstur padat, lembut, dan juicy.

Classic Hanbaga juga berisi keju, potongan bawang bombai, dan saus klasik yang dibuat khusus untuk menyeimbangkan rasanya.

Tidak ada sayuran sama sekali dalam burger yang dijual oleh Hanbaga Burgers. Sangat cocok dicoba bagi kamu yang tidak suka sayuran.

Potongan keju dan bawang bombai dalam burger membuat makanan ini beraroma dan terasa lebih gurih. Sementara itu, sausnya memberi rasa creamy di mulut.

Baca juga:

Salah satu varian burger di Hanbaga, Blok M, Jakarta Selatan.KOMPAS.com/MIFTAHUL RIZKY Salah satu varian burger di Hanbaga, Blok M, Jakarta Selatan.

Selanjutnya, saya mencoba Cheeseburger. Varian burger ini masih menggunakan roti, patty, keju, dan bawang bombai yang sama seperti Classic Hanbaga.

Hanya saja, saus klasik burgernya diganti dengan saus tomat dan mustard. Creamy dan cita rasa cenderung pedas dari mustard mampu menyeimbangkan lembaran keju yang ada di dalamnya.

Hal tersebut membuat Cheeseburger terasa tidak enek saat dimakan. Sebab, rasa gurih kejunya bercampur dengan asam saus tomat dan pedasnya mustard.

Fish Katsu menjadi varian burger selanjutnya yang saya coba. Meski terbuat dari ikan dori berbalut tepung panir, tidak ada aroma amis sama sekali dari burger ini.

Rasa katsu ikannya gurih. Tekstur luarnya renyah, sementara bagian dalamnya lembut. Tidak jauh berbeda dengan chicken katsu.

Olahan ikan tersebut juga terasa semakin nikmat karena dipadukan dengan tartar sauce yang creamy dan menyegarkan. Belum lagi keju cheddar yang memberi rasa gurih.

Varian burger terakhir yang saya coba adalah Maple Smoked Beef Bacon. Roti dan isian burgernya masih sama seperti Classic Hanbaga.

Namun, ada tambahan daging asap yang berada di antara keju dan caramelized onions yang melimpah.

Aroma daging asapnya tercium saat saya menyantap varian burger ini. Saus klasiknya juga terasa creamy.

Menurut saya, jumlah sausnya lumayan banyak.

Namun, bila kamu termasuk pencinta saus, porsinya akan terasa tepat, seperti disampaikan Co-Owner Hanbaga Burgers Matthew Evan saat ditemui Kompas.com di Hanbaga Burgers Pasaraya Blok M, Selasa (15/11/2022).

Kamu juga bisa mengurangi jumlah saus burger apa pun di Hanbaga Burgers dengan memintanya saat melakukan pesanan.

Baca juga:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+