Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/11/2022, 18:34 WIB
Ais Jauhara Fahira,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Som tam merupakan sajian salad khas Thailand yang berbahan dasar pepaya muda yang masih hijau. Saat membuat som tam, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menyerut buah pepaya.

Baca juga: Ciri Khas Makanan Thailand, dari Penggunaan Rempah hingga Cita Rasa

Melansir dari Serious Eats, pepaya tidak boleh diserut terlalu halus agar hasilnya tidak menjadi lembek saat dicampur. Berikut ini beberapa alternatif cara menyerut pepaya muda untuk som tam.

1. Gunakan pisau dapur yang tajam

Pertama-tama kupas setengah bagian pepaya secara memanjang. Pegang sisi kulit pepaya dengan tangan, kemudian buat garis vertikal pada bagian pepaya yang sudah dikupas.

Iris memanjang melintasi pepaya. Ulangi hingga memperoleh pepaya parut yang dibutuhkan.

Cara ini relatif aman karena ukuran pepaya cukup besar sehingga mudah dipegang dan lapisi pepaya dengan alas tidak licin seperti serbet kering.

Baca juga: Cara Asah Pisau dengan Stik Besi, Jadi Tajam Seperti Baru

2. Gunakan alat serutan atau penyerut buah

Ilustrasi pepaya muda. Dok. Shutterstock/kariphoto Ilustrasi pepaya muda.

Kamu bisa menggunakan penyerut buah untuk lebih praktis. Mulailah dengan mengupas kulit pepaya sama seperti metode potong dengan pisau.

Pegang pepaya dan cukup jalankan pengupas memanjang ke bawah daging pepaya, berikan tekanan yang merata untuk menghasilkan untaian panjang yang sempurna. Ulangi proses ini sampai memperoleh jumlah yang dibutuhkan.

Metode ini sangat mudah, cepat, dan memberikan hasil yang konsisten, tetapi kekurangannya tekstur pepaya muda bisa terlalu tipis.

3. Gunakan mandolin

Mandolin merupakan alat serut bahan masakan menjadi bentuk batang korek api.

Menyerut pepaya dengan mandolin bisa jadi alternatif. Namun, ukuran pepaya hijau yang besar membuatnya sulit untuk diiris pada mandolin dengan lebar standar.

Oleh karena itu kamu perlu memotongnya ke dalam beberapa bagian terlebih dahulu.

Baca juga:

Memotong dengan tangan ataupun dengan alat keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Pepaya yang dipotong secara manual dengan tangan dan pisau, memberikan lebih banyak variasi tekstur. Tekstur yang dihasilkan lebih kaku dan menghasilkan pepaya yang renyah. Hanya saja, penyerutan manual memerlukan waktu yang lebih lama.

Sedangkan menyerut menggunakan alat kelebihannya lebih efisien dan mudah. Lalu kekurangannya, menghasilkan potongan pepaya yang lebih bengkok dan lentur sehingga pepaya bisa cepat lembek setelah dicampur.

Baca juga: Mencicipi 5 Masakan Thailand ala My Thai, Som Tam sampai Tom Yam

@my.foodplace Foodloverss.. Siapa di sini yang suka makan lontong? Tapi bosan lontong yang gitu-gitu aja. Nah, Foodplace mau kasih rekomendasi resep simple dan bikin nagih, lontongnya pakai mie dan isinya oncom! Namanya, lontong mie isi oncom~ Yuk cobain bikin, bisa jadi ide buat jualan juga ???? Langsung simak aja resep berikut ini ya???????? Jangan lupa follow @my.foodplace dan baca resep selengkapnya klik link yang ada di bio, ya! #kompascom #foodplace #resepmudah #resepsimple #lontongmie #oncom #serunyabelajar ? Trending upbeat corporate sound ? - 3KTrack
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com