Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Michelin Guide Hadir di Malaysia, Siap Umumkan Pemenang dari KL dan Penang

Kompas.com - 08/11/2022, 17:08 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com - Michelin Guide secara resmi mengumumkan akan hadir di Malaysia dan akan memberikan penilaian untuk restoran di dua kota yang merupakan pusat kuliner Malaysia yaitu Kuala Lumpur and Penang. 

Peluncuran daftar restoran dan hotel yang terpilih untuk masuk ke dalam daftar Michelin Guide dan akan mendapatkan anugerah Michelin Star akan diumumkan pada Desember 2022.

Direktur Internasional Michelin Guide, Gwendal Poullennec, mengatakan budaya kuliner Malaysia dikenal dengan pilihan rasa yang berani karena lahir dari latar belakang dan warisan multi-etnis yang merupakan bagian penting dari identitas nasional Malaysia. 

Budaya kuliner Malaysia dinilai memiliki keunggulan yang akan memikat selera para pecinta kuliner, bahkan yang paling pemilih sekalipun, baik lokal maupun dari luar negeri.

Baca juga:

“Kami merasa sangat gembira dan bersemangat menyambut Kuala Lumpur dan Penang ke dalam daftar pilihan Michelin Guide," katanya. 

"Ini akan menandai babak baru dalam kekhasan gastronomi Asia karena menyorot keunikan tradisi-tradisi kuliner dan masakan Malaysia, serta banyaknya talenta-talenta kuliner lokal yang luar biasa,” ujar Gwendal dikutip dari siaran pers Jumat (4/11/2022). 

Ia mengatakan Michelin Guide saat ini sudah mengirimkan inspektur-inspektur atau tim penilai ke Malaysia untuk memilih restoran, memberikan penilaian, serta memilih bakat kuliner terbaik yang ada di Kuala Lumpur dan Penang.

Inspektur atau penilai kuliner Michelin Guide bekerja dengan tingkat kerahasiaan dan independensi yang sangat tinggi.

“Menurut inspektur Michelin Guide, Kuala Lumpur dan Penang adalah dua kota yang memiliki kompleksitas kuliner yang sangat berbeda namun dinamis dan benar-benar mencerminkan keunikan budaya multietnis Malaysia," ujar Gwendal.

"Keduanya memiliki karakter yang unik yang disukai pecinta kuliner lokal maupun asing,” pungkasnya. 

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com