Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Membuat Wingko Lembut dan Matang Sempurna

Kompas.com - 13/10/2022, 11:09 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Sedang ada rencana gelar arisan di rumah? Wingko bisa jadi salah satu suguhan yang diminati banyak kalangan. Cara membuat wingko gampang-gampang susah. 

Pasalnya, jika salah menggunakan takaran bahan maka bisa membuat wingko buatanmu gagal. Dilansir dari beberapa sumber, ada banyak faktor yang membuat wingko menjadi lembut dan tahan lama. 

Simak tips membuatnya berikut ini. 

Baca juga:

1. Buat tekstur adonan sedikit encer 

Dilansir dari buku "KUE POPULER INDONESIA RESEP BAKULAN TOKO SABINE Laris Manis Dijual" (2022) oleh AA Putu Tuti Diantarini @kuesabine_bytutiputu terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, menyarankan untuk membuat tekstur adonan agak encer untuk menghasilkan wingko yang lembut. 

2. Perhatikan penggunaan api

Gunakan api yang benar karena kalau api terlalu besar bisa membuat permukaan wingko menjadi tidak matang sempurna. 

Pastikan api yang digunakan sedang agar permukaan wingko dan bagian dalamnya matang secara bersamaan. 

3. Kukus kelapa terlebih dahulu 

Cara membuat wingko tahan lama adalah dengan mengukus kelapa terlebih dahulu. Selain membuatnya tahan lama, mengukus kelapa parut juga bisa membuat hasil wingko lebih empuk. 

Ilustrasi wingko babat, kue tradisional khas Lamongan. Sajikan dengan secangkir kopi. SHUTTERSTOCK/LEARNMOREANDMORE Ilustrasi wingko babat, kue tradisional khas Lamongan. Sajikan dengan secangkir kopi.

4. Gunakan kelapa parut muda

Dilansir dari laman Kompas.com yang tayang pada Kamis (06/01/2022), Silvia Meily, pemilik usaha Wingko Tidar, menyarankan untuk menggunakan kelapa parut yang masih muda agar hasilnya empuk. 

"Nek kering itu mungkin mereka dari kandungan kelapanya ya. Mestinya mungkin komposisi terus kelapa mungkin pakai kelapa tua, kan itu keras," ucapnya.

Baca juga:

5. Takaran bahan yang digunakan harus tepat 

Cara membuat wingko empuk adalah dengan menggunakan takaran bahan yang tepat. Pastikan untuk menakar tepung ketan, kelapa parut, dan santan dengan mengikuti resep yang sudah teruji. 

Kalau takaran ketiga bahan utama tersebut salah, maka wingko bisa mengeras dan kering. 

6. Suhu panggang 

Ditambahkan dari buku "Kue-Kue Indonesia: 165 Resep Penganan Populer Nusantara" oleh Yasa Boga terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, suhu untuk memanggang wingko di oven yaitu sekitar 180 derajat celsius dengan durasi sekitar 20-30 menit.

Buku "KUE POPULER INDONESIA RESEP BAKULAN TOKO SABINE Laris Manis Dijual" (2022) oleh AA Putu Tuti Diantarini @kuesabine_bytutiputu terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com

Buku "Kue-Kue Indonesia: 165 Resep Penganan Populer Nusantara" oleh Yasa Boga terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com