Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resep Kembang Gula Kelapa, Camilan Tradisional dengan Cita Rasa Manis

Kompas.com - 13/10/2022, 09:03 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Sedang ingin menikmati camilan manis? Kamu bisa ikuti resep kembang gula kelapa dengan lima bahan saja. 

Pada beberapa daerah, kembang gula kelapa biasa disebut dengan ampyang kelapa. Umumnya, tampilannya berwarna-warni seperti merah mudah, hijau, hingga kuning. 

Kamu perlu menyiapkan kelapa setengah mudah yang dikupas dan diiris memanjang. Selengkapnya, simak cara membuat kembang gula kelapa dari buku "35 Resep Kue Kering & Kletikan Favorit" (2022) oleh Wawawiati terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, bikin untuk beberapa stoples camilan. 

Baca juga:

Resep kembang gula kelapa 

Bahan 

  • 2 butir kelapa setengah muda, sekitar 600 gram 
  • 300 gram gula pasir
  • 300 ml air 
  • 1 sdt garam
  • 3 lembar daun pandan, simpulkan 

Cara membuat kembang gula kelapa

  1. Siapkan kelapa terlebih dahulu, belah kelapa, cuci bersih, iris memanjang kemudian gunakan peeler hingga kelapa habis. Jemur kelapa di bawah sinar matahari selama 4-5 jam. 
  2. Kalau kelapa sudah diolah, bagi kelapa menjadi beberapa bagian dan siapkan pewarna makanan. Di lain panci, masak sekitar 100 gram gula dengan 100 ml air, garam, dan satu pandan. Tunggu hingga mendidih. Masukkan kelapa dan pewarna, masak dengan api kecil, hingga air menyusut. 
  3. Matikan api dan aduk hingga lapisan gula mengering. Angkat dan wajan, biarkan sampai dingin, lakukan hal yang sama hingga sisa bahan habis. Kalau sudah menjadi dingin, simpan di wadah bersih yang tertutup rapat. 

Buku "35 Resep Kue Kering & Kletikan Favorit" (2022) oleh Wawawiati terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com