Kompas.com - 28/06/2022, 08:28 WIB

KOMPAS.com -  Jangan lupa memasukkan Sop Gajah Seyegan ke daftar wisata kuliner di Yogyakarta. 

Kuliner satu ini menyajikan berbagai olahan daging, tulang, dan gajih sapi. Pengunjung bisa memesap sop, sate, balung mamoth, dan bakso. 

Pengelola Sop Gajah Seyegan, Merioci Putri, mengatakan, nama Sop Gajah Seyegan berdasarkan cerita atau filosofi dari Kabupaten Sleman yang mana terdapat gajah di wilayah tersebut. 

"Makanya kalau diamati ada beberapa patung gajah di beberapa lokasi, baik itu di Lapangan Denggung Kabupaten Sleman," kata Merioci kepada Tribunjogja.com melalui telepon, Kamis (16/6/2022) siang. 

Menurut Merioci, belum banyak rumah makan yang menjual aneka masakan dari olahan sapi dengan menu lengkap di Sleman bagian barat. 

Ia memutuskan sop jadi makanan andalan rumah makannya. Tak salah, sebab Sop Gajah Seyegan selalu ramai khususnya saat akhir pekan. 

Baca juga:

Banyak wisatawan yang sengaja datang berbagai sajian di Sop Gajah Seyegan. Ia mampu menjual 300 porsi makanan dalam sehari saat akhir pekan. Butuh 50 kilogram dagin, tulang, dan gaji sapi untuk disajikan kepada pengunjung. 

Koki Sop Gajah Seyegan, Warseno Putra menyebutkan, butuh banyak rempah-rempah untuk memasak berbagai olahan sapi. 

"Tantangannya pasti karena tulang sapinya besar-besar, harus dimasak tiga jam dicampur rempah-rempah," kata Warseno. 

Harga makanan di Sop Gajah Seyegan mulai Rp 15.000 -Rp 99.000 per porsi. Lokasinya di Kandangan, Margodadi, Kec. Seyegan, Kabupaten Sleman.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.