Kompas.com - 27/06/2022, 09:03 WIB

KOMPAS.com - Saat punya daging sapi dalam jumlah banyak, jangan bingung perihal cara mengolahnya nanti. Kamu bisa ikuti resep abon sapi kering untuk stok lauk yang tahan lama. 

Cara membuat abon sapi ini hanya memerlukan bahan sederhana seperti kemiri, bawang merah, terasi, dan santan kental. 

Baca juga:

Selain itu, jenis daging sapi yang digunakan adalah yang bagian gandik. Selengkapnya simak resep abon sapi dari buku "Pusaka Kuliner Nyonya Rumah 1200 RESEP MASAKAN DAN KUE LEGENDARIS" (2013) oleh Nyonya Rumah terbitan PT Gramedia Pustaka Utama. 

Resep abon sapi 

Bahan 

  • 500 gram daging sapi bagian gandik 
  • 4 butir kemiri 
  • 4 butir bawang merah 
  • Gula dan garam secukupnya
  • 1 sdt terasi 
  • Sepotong lengkuas
  • 1 cangkir santan kental 

Cara membuat abon sapi 

  1. Daging sapi dipotong menjadi dua atau tiga. Kemudian direbus sampai empuk dan airnya habis. Pukul-pukul daging dengan pemukul daging sampai empuk sekali, kemudian suwir. 
  2. Bumbu halus ditumbuk, campurkan dengan santan kental, siram ke dagingnya. Remas-remas sampai rata betul. Jemur sampai kering, goreng dengan minyak kelapa sampai kering, taruh dalam pres kentang. Pres hingga semua minyak dalam abon sapi keluar. 

Buku "Pusaka Kuliner Nyonya Rumah 1200 RESEP MASAKAN DAN KUE LEGENDARIS" (2013) oleh Nyonya Rumah terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.