Kompas.com - 20/05/2022, 15:07 WIB

KOMPAS.com - Salah satu jenis saus yang biasa disajikan bersama dimsum dan makanan china lainnya adalah chili oil.

Chili oil terbuat dari campuran cabai dan minyak. Kali ini, kamu bisa memakai dua jenis cabai untuk membuat chili oil, yaitu cabai kering utuh dan cabai merah kering yang sudah ditumbuk.

Sementara untuk jenis minyak yang digunakan dalam pembuatan chili oil ini adalah minyak zaitun.

Dilansir dari The Spruce Eatssimak resep chili oil untuk cocolan dimsum berikut ini.

Baca juga:

Resep chili oil

Bahan:

  • 270 ml minyak zaitun
  • 3 sdm cabai merah kering, tumbuk kasar
  • 20 gr cabai merah kering utuh

Cara membuat chili oil:

1. Siapkan mangkuk atau toples kaca yang bersih dan kering. Masukkan cabai utuh dan yang sudah ditumbuk kasar ke dalamnya.

2. Panaskan minyak di atas api sedang hingga mulai berasap. Angkat panci dari atas kompor, biarkan minyak dingin selama satu hingga dua menit.

Jangan memanaskan minyak zaitun terlalu lama. Sebab jenis minyak ini memiliki titik mendidih yang rendah sehingga rasanya bisa berubah bila terlalu lama dipanaskan.

3. Tuangkan minyak ke dalam mangkuk atau toples berisi cabai. Aduk menggunakan sendok hingga semua cabai tumbuk terendam.

4. Diamkan setidaknya selama satu hingga dua jam.

5. Cicipi chili oil. Jika sudah sesuai selera, saring minyaknya dan pisahkan dengan cabai. Simpan di wadah kaca tertutup. Sajikan bersama dimsum.

Baca juga:

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.