Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resep Bola-bola Ubi Panggang Isi Keju Oles, Kue Kering untuk Lebaran

Kompas.com - 06/04/2022, 21:03 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ubi ungu tidak hanya bisa diolah menjadi takjil saat buka puasa, tapi juga bisa dikreasikan menjadi kue kering untuk perayaan Lebaran. Kue bola-bola ubi keju adalah salah satunya.

Bahan utama yang digunakan yaitu ubi ungu kukus, tapi kamu juga bisa menggantinya dengan ubi biasa untuk variasai warna.

Simak resepnya dari buku " Lezat Edisi Khusus Lebaran: 70 Resep Berbisnis Kue Kering Lebaran" (2014) karya Team Dapur Lezat yang diterbitkan oleh PT Pertiwi Mediasindo berikut.

Baca juga:

Resep bola-bola ubi keju

Bahan:

  • 150 gram mentega 
  • 100 gram gula halus
  • 1 butir kuning telur
  • 300 gram tepung terigu protein sedang (ayak)
  • 1 sendok teh soda kue
  • 75 gram ubi ungu (kukus dan haluskan)
  • 1/4 sendok teh pewarna makanan (warna ungu)
  • 150 keju oles

Bahan topping:

  • 100 gram cokelat masak pekat
  • 50 gram sprinkle

Baca juga:

Cara membuat bola-bola ubi keju:

1. Kocok mentega dan gula halus di dalam wadah berukuran besar hingga adonan berwarna putih, kemudian tambahkan kuning telur dan aduk hingga tercampur rata.

2. Tambahkan tepung terigu dan soda kue yang sudah diayak, lalu aduk bersama mentega. Setelah itu masukkan ubi ungu dan pewarna makanan, aduk hingga adonan tercampur rata.

3. Ambil satu sendok makan adonan, kemudian bentuk menjadi bulatan pipih.

Setelah itu taruh setengah sendok teh keju oles di bagian tengah adonan, lalu bulatkan adonan hingga keju oles tertutup sempurna.

4. Ulangi memasukkan keju oles ke dalam adonan hingga adonan habis. Setelah itu siapkan loyang panggang yang sudah dialasi kertas roti, lalu susun adonan bola-bola ubi di atas loyang.

5. Panggang adonan di dalam oven menggunakan suhu 170 derajat celsius selama 20 menit atau sampai kue matang. Setelah itu biarkan hingga suhu ruang dan sisihkan.

6. Lelehkan cokelat masak pekat di dalam mangkuk tahan panas, lalu celupkan bola bola ubi ke dalam lelehan cokelat. Setelah itu beri taburan sprinkle pada bagian atas bola-bola ubi. 

Buku "Lezat Edisi Khusus Lebaran: 70 Resep Berbisnis Kue Kering Lebaran" (2014) karya Team Dapur Lezat yang diterbitkan oleh PT Pertiwi Mediasindo bisa dibeli secara online di Gramedia.com

 

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Foodplace (@my.foodplace)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com