Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Cara Pilih Udang dan Lobster Bagus, Perhatikan Ukurannya

Kompas.com - 01/04/2022, 16:08 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemilik restoran ala Taiwan di Bogor, Formost, Effendy, mengatakan bahwa dirinya cukup ketat dalam memilih udang dan lobster yang disajikan dalam seporsi hot plate.

Perbedaan jumlah dalam setiap kilogram udang dan lobster yang dipilih akan berpengaruh terhadap ukuran dan rasa daging yang dihasilkan.

Effendy membagikan dua tips memilih udang dan lobster supaya mendapatkan kualitas yang bagus. Simak cara pilih udang dan lobster berikut ini. 

Baca juga:

1. Gunakan udang yang masih segar

Udang segar yang baru dipanen dari laut memang memiliki cita rasa jauh lebih gurih dan manis dibandingkan udang yang disimpan dalam jangka waktu yang lama.

Kualitas udang segar ini mudah didapat oleh orang-orang yang bisa datang langsung ke laut, khususnya restoran yang berada di sekitar pantai.

Akan tetapi lain halnya dengan tempat makan yang jauh dari laut, tentu harus cermat memilih udang yang didatangkan dari pemasok.

Menurut Effendi, kualitas kesegaran udang dapat dinilai dari bau amis segar udang atau lobster.

"Kalau amis itu pasti, cuma ambil yang bau amis laut. Di sini pemasok datang satu sampai dua kali sehari untuk membawa udang dan lobster dari Makassar, jadi masih segar saat  diolah," katanya saat ditemui oleh Kompas.com di Formost, Bogor, pada Selasa (29/3/2022).

Baca juga:

2. Gunakan udang berukuran besar

Effendy mengatakan, semakin besar daging udang maka rasa dagingnya akan semakin enak.

"Pakai yang ukuran besar, dalam satu kilogram saya batasi hanya ada 11 atau 12 ekor udang saja," katanya.

Menurut Effendy, daging udang atau lobster yang berukuran lebih besar terasa lebih empuk, manis, dan juicy. Daging udang dan lobster akan mendukung rasa sepersi hot plate yang disajikan di Formost.

"Satu ekor udang panjangnya sekitar 20 hingga 25 sentimeter, sedangkan untuk satu ekor lobster ukurannya 480 hingga 490 gram," katanya.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Foodplace (@my.foodplace)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com