Kompas.com - 29/01/2022, 18:04 WIB
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Udang merupakan jenis seafood yang umum diolah oleh masyarakat.  Seafood ini dapat dikreasikan menjadi banyak hidangan, seperti ebi furai hingga sambal goreng. 

Saat mengolah udang terkadang ada yang tidak mengupas kulitnya. Menurut laman Today, sebetulnya hal tersebut tak jadi masalah karena kulit udang pun bisa dimakan. 

Namun hal tersebut juga bergantung pada resepnya. Sebab ada beberapa olahan yang lebih enak jika kulitnya dikupas. 

Baca juga:

Berikut beberapa alasan kenapa kulit udang tidak perlu dikupas. 

Ilustrasi udang saus padang. Dok. Shutterstock/Aries Hendrick Apriyanto Ilustrasi udang saus padang.

1. Menambah cita rasa 

Dalam laman Today dijelaskan bahwa kulit udang dapat membuat cita rasa dan aroma udang lebih menonjol. Namun sebaiknya bersihkan dulu kotoran di perut, kepala, dan ekornya agar baunya tidak amis.

Baca juga:

2. Daging lebih lembut 

Udang yang dimasak dengan kulit biasanya memiliki tekstur daging yang lebih empuk dan lembut. Sebab kulit udang dapat mengurangi risiko overcooked.

Ilustrasi udang goreng tepung.DOK.SHUTTERSTOCK/PURMOON Ilustrasi udang goreng tepung.

3. Menambah tekstur

Mengutip laman Food52, kulit udang pun dapat menambahkan tekstur pada hidangan. Jika lebih suka sajian crunchy maka kamu tidak perlu membuangnya. 

Baca juga:

4. Bisa jadi penawaran

Hella Ayu, pemilik usaha Afterbreak Seafood menjelaskan bahwa kulit udang dapat menjadi penawaran atau mengurangi kolestrol yang terkandung dalam udang. 

"Kalau makan udang itu jangan dikupas, sudah ada kolestrolnya kan protein tinggi. Penawarnya itu dari kulitnya justru sama kulitnya," tutur Hella, Sabtu (22/01/2022). 

"Tapi selama memang bisa dimakan lo ya," tambahnya. 

Baca juga: Cara Kupas Kulit Udang agar Daging Tetap Utuh, Bersih, dan Segar

Lebih jauh, kulit udang justru dapat memerangi obesitas dan kolestrol tinggi karena mengandung chitosan, seperti dilansir dari Science Daily

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.