Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara Membuat Carang Gesing agar Lembut dan Legit

Kompas.com - 04/02/2022, 14:03 WIB
Lea Lyliana

Penulis

KOMPAS.com - Carang gesing yang enak mestinya lembut dan rasanya legit. Sebetulnya cara membuat carang gesing mudah saja karena hanya perlu dikukus. 

Namun untuk mendapatkan rasa dan tekstur yang sesuai ada tips khusus yang perlu dilakukan.

Baca juga:

 

Melansir dari "Kue Manis Legit Populer Indonesia Resep Antigagal Kursus NCC + Step By Step" (2017) oleh Fatmah Bahlawan & Tim NCC terbitan PT Gramedia Pustaka Utama berikut cara membuat carang gesing yang lembut dan legit. 

Buah pisang yang terlalu matang biasanya mengundang lalat buah.Unsplash/Giorgio Trovato Buah pisang yang terlalu matang biasanya mengundang lalat buah.

1. Jenis pisang 

Ada beberapa macam pisang yang dapat digunakan untuk membuat carang gesing. Misalnya pisang raja, pisang ambon, dan pisang kepok. 

Pisang yang digunakan untuk membuat carang gesing sebaiknya benar-benar matang agar lembut dan manis. 

Melansir dari artikel Kompas.com, ciri pisang matang yang manis yakni kulitnya mulai berbintik coklat dan teksturnya cukup empuk. 

Baca juga:

2. Gunakan gula palem 

Kebanyakan resep carang gesing memakai gula pasir. Namun jika suka dan ingin rasanya lebih legit, kamu bisa menggantinya dengan gula palem. 

Ilustrasi carang gesing pisang kepok. SHUTTERSTOCK/Kristsanto Ilustrasi carang gesing pisang kepok.

3. Waku mengukus 

Waktu mengukus juga dapat memengaruhi kematangan dan kelembutan carang gesing.

Melansir dari "32 Resep Kue Tradisional Populer & Kreasinya" (2017) oleh Saji Sedap terbitan Samindra Utama carang gesing umumnya dikukus selama 30 menit. Apinya sebaiknya jangan terlalu besar agar matang merata. 

Baca juga: Resep Barongko Pisang, Kudapan Manis Khas Bugis Makasar

Selain itu gunakan pula santan yang masih baru ada rasanya lebih legit. Terakhir, sebelum disajikan carang gesing juga dapat diberi bubuk kayu manis agar lebih wangi.

Buku "Kue Manis Legit Populer Indonesia Resep Antigagal Kursus NCC + Step By Step" (2017) oleh Fatmah Bahlawan & Tim NCC terbitan PT Gramedia Pustaka Utama dapat dibeli online di Gramedia.com

Buku "32 Resep Kue Tradisional Populer & Kreasinya" (2017) oleh Saji Sedap terbitan Samindra Utama dapat dibeli online di Gramedia.com

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com