Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengulik Bawang Putih, Bumbu Krusial dalam Masakan Indonesia

Kompas.com - 04/02/2022, 10:11 WIB
Lea Lyliana

Penulis

KOMPAS.com - Masakan Indonesia kaya akan bumbu dan rempah. Salah satu bumbu dapur yang umum digunakan yaitu bawang putih. 

Sebetulnya bawang putih tak hanya dipakai dalam masakan Indonesia, tapi juga beberapa hidangan Asia. 

Baca juga:

Mengulik lebih jauh mengenai bawang putih, simak dalam ulasan berikut. 

Mengenal bawang putih

Melansir "Bumbu, Penyedap, dan Penyerta Masakan Indonesia" (2013) oleh Murdijati Gardjito terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bawang putih termasuk dalam keluarga alliacae yaitu tanaman berumbi lapis atau siung lapis. 

Umbi bawang putih terdiri dari beberapa siung, sekitar tiga sampai 12 siung yang bergerombol.

Di luar daripada itu, ada pula varietas bawang putih lanang atau bawang putih yang hanya satu siung. 

Alisin dalam bawang putih bisa digunakan menyehatkan kulit.Unsplash/Daniella Curly Alisin dalam bawang putih bisa digunakan menyehatkan kulit.

Sebelum populer sebagai bumbu dapur, bawang putih juga dimanfaatkan untuk obat-obatan tradisional. Bahkan di Rusia minyak bawang putih digunakan sebagai obat radang. 

Mengutip "Sehat Dengan Rempah dan Bumbu Dapur" (2016) oleh Made Astawan dari Kompas Penerbit Buku bawang putih diduga berasal dari Tiongkok. 

Kemudian, tanaman ini menyebar ke beberapa daerah di dunia. Budidaya bawang putih sudah ada sejak abad ke-16. Namun baru masuk ke Indonesia pada abad ke-19 dan dibawa oleh pedagang Tiongkok dan India. 

Baca juga:

Di Indonesia terdapat beberapa sentra bawang putih, di antaranya Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara.

Bawang putih untuk masak

Ilustrasi mengupas kulit bawang putih menggunakan tangan. SHUTTERSTOCK/NUNGNING20 Ilustrasi mengupas kulit bawang putih menggunakan tangan.

Bawang putih merupakan bumbu umum dalam masakan Asia. Penggunaan bawang putih dalam hidangan dapat memberi rasa gurih dan aroma kuat. 

Pemakaian bawang putih bisa bermacam-macam, untuk sup, tumis, bacem, masakan daging dan ikan, maupun gorengan seperti bakwan dan lumpia. 

Baca juga:

Ada beberapa cara menggunakan bawang putih untuk memasak. Misalnya pada hidangan tumis, bawang putih dapat digunakan dengan mememarkan lalu mencincangnya. 

Sementara itu, jika dipakai sebagai bumbu rendaman bawang putih biasanya diparut atau digunakan dalam bentuk bubuk. Untuk taburan, bawang putih diiris dan digoreng.  

Lebih jauh, bawang putih disarankan untuk digeprek dulu guna mengeluarkan minyak alaminya. Hal ini dilakukan untuk mengeluarkan aroma dan rasanya agar lebih tajam, seperti dikutip dari The Spruce Eats.

Buku "Bumbu, Penyedap, dan Penyerta Masakan Indonesia" (2013) oleh Murdijati Gardjito terbitan PT Gramedia Pustaka Utama dapat dibeli online di Gramedia.com

Buku "Sehat Dengan Rempah dan Bumbu Dapur" (2016) oleh Made Astawan dari Kompas Penerbit Buku dapat dibeli online di Gramedia.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com