Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab Bawang Putih Kupas Membiru, Apa Masih Bisa Dimakan?

Kompas.com - 03/02/2022, 13:09 WIB
Lea Lyliana

Penulis

KOMPAS.com - Bawang putih merupakan salah satu bumbu krusial dalam masakan Asia.

Guna mempercepat proses memasak, beberapa orang memilih untuk menyimpan bawang putih kupas sebagai stok.

Sebetulnya cara ini cukup praktis tapi sayangnya bawang putih kupas mudah membiru. Terlebih jika kamu tak menyimpannya dengan benar. 

Baca juga:

Lantas, sebetulnya mengapa bawang putih kupas mudah membiru? Berikut penjelasannya. 

Cara menghilangkan jerawat dengan bawang putih bisa dilakukan secara topikal maupun dikonsumsi.PIXABAY/JACQUELINE MACOU Cara menghilangkan jerawat dengan bawang putih bisa dilakukan secara topikal maupun dikonsumsi.

Penyebab bawang putih kupas membiru 

Melansir buku "Bumbu, Penyedap, dan Penyerta Masakan Indonesia" oleh Murdijati Gardjito terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bawang putih mengandung metil alildisulfida, sejenis minyak atsiri yang beraroma tajam.  

Selain itu, siung bawang putih juga mengandung alisin yang dihasilkan dari enzimitas alliin. 

Saat bawang putih belum dikupas, dua zat tersebut tak saling berinteraksi. Jadi, tidak relatif berbau.

Namun jika sudah dikupas dan dipotong, zat tersebut akan bercampur dan menciptakan senyawa organosulfat atau allicin, seperti dilansir dari The Spruce Eats.

Baca juga:

Jika dicampur dengan asam seperti cuka, allicin akan bereaksi membentuk amino yang menghasilkan karbonnitrogen yang disebut pirol.

Pirol dihubungkan bersama membentuk polipirol kemudian dapat membuat warnanya menjadi kebiruan atau kehijau.

Reaksi pembentukan warna ini dapat terjadi karena bawang putih bersentuhan dengan mineral dari logam tertentu. Termasuk tembaga, aluminium, besi, dan timah.

Mineral tersebut dapat berasal dari panci atau wajan yang penyimpan atau tempat masaknya.

Ilustrasi bawang putih dan cabai rawit. Keduanya dapat dimanfaatkan sebagai pestisida alami untuk membasmi kutu putih. PIXABAY/TRESIA HOBAN Ilustrasi bawang putih dan cabai rawit. Keduanya dapat dimanfaatkan sebagai pestisida alami untuk membasmi kutu putih.

Apa bawang putih yang membiru bisa dimakan?

Mengutip The Spruce Eats, bawang putih kupas yang membiru masih dapat dimakan. Warna tersebut tidak akan memengaruhi rasanya. 

Baca juga:

Bahkan di Tiongkok bawang putih sengaja diasinkan hingga berubah warna dan digunakan untuk sajian Tahun Baru Imlek. Namun rasanya menjadi sedikit asam.

Kendati demikian ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah bawang putih kupas membiru.

Caranya, bisadengan menyimpannya di stoples kaca atau plastik, bukan aluminium maupun besi. Alternatif lainnya, rebus bawang putih sekitar 10 detik untuk mencegah terjadinya berubah warna.

Selanjutnya, simpan bawang putih kupas segar dan acar jauh dari sinar matahari,yang dapat menyebabkan pembentukan klorofil.

Baca juga: Baceman Bawang Putih untuk Masak Apa? Bikin jadi 15 Makanan Ini

Buku "Bumbu, Penyedap, dan Penyerta Masakan Indonesia" oleh Murdijati Gardjito terbitan PT Gramedia Pustaka Utama dapat disimpan online di Gramedia.com

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com