Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/01/2022, 17:12 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Cokelat bubuk merupakah salah satu jenis cokelat yang cara penyimpanannya cukup mudah dibanding jenis cokelat yang lain.

Tidak seperti cokelat batang ataupun ganache yang tahan lebih lama di suhu dingin, cokelat bubuk bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama di suhu ruang.

Pemilik sekaligus pengelola Griya Cokelat Nglanggeran Sugeng Handoko memberikan tips simpan cokelat bubuk yang benar agar tidak merusak tekstur dan rasa cokelat.

Baca juga:

1. Masukkan ke dalam stoples kering

Cokelat bubuk serupa dengan teh ataupun kopi, yakni harus disimpan di dalam wadah berupa stoples yang bersih, kering, dan kedap udara.

Apabila membeli cokelat bubuk dalam jumlah yang besar, seperti lebih dari dua kilogram, sebaiknya wadah penyimpanannya dipisah menjadi dua bagian.

Pertama yaitu cokelat bubuk disimpan di dalam wadah kedap udara berukuran besar, ini khusus untuk cokelat yang tidak akan dibuka setiap hari.

Kedua yaitu cokelat bubuk disimpan di dalam wadah kedap udara berukuran kecil, ini khusus untuk wadah yang akan lebih sering dibuka. 

Pemisahan wadah ini bertujuan supaya lebih mudah digunakan dan menghindari terjadinya kerusakan cokelat bubuk dalam jumlah besar.

ilustrasi cokelat bubuk, pewarna alami jajan pasar.PIXABAY/jhusemannde ilustrasi cokelat bubuk, pewarna alami jajan pasar.

Baca juga:

2. Hindari dari paparan sinar matahari langsung

Sugeng mengatakan cokelat bubuk harus disimpan di dalam ruangan dan terhindar dari paparan sinar matahari langsung.

Apabila bubuk cokelat terpapar cahaya matahari, bubuk cokelat cenderung menggumpal dan keras, khususnya di bagian bawah stoples.

Namun, jangan menyimpan stoples cokelat bubuk di ruangan yang lembab, supaya tekstur bubuk cokelat tidak ikut lembab dan menghindari air masuk ke dalam stoples.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com