Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

2 Cara Simpan Cokelat Bubuk agar Tidak Menggumpal dan Tidak Lembab

KOMPAS.com - Cokelat bubuk merupakah salah satu jenis cokelat yang cara penyimpanannya cukup mudah dibanding jenis cokelat yang lain.

Tidak seperti cokelat batang ataupun ganache yang tahan lebih lama di suhu dingin, cokelat bubuk bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama di suhu ruang.

Pemilik sekaligus pengelola Griya Cokelat Nglanggeran Sugeng Handoko memberikan tips simpan cokelat bubuk yang benar agar tidak merusak tekstur dan rasa cokelat.

  • 6 Cara Bikin Puding Cokelat Rumahan yang Enak dan Layak Jual
  •  Resep Puding Cokelat Biskuit Marie, Camilan Mudah Bikinnya 
  • Resep Kembang Goyang Cokelat, Hasilnya Renyah dan Gurih

1. Masukkan ke dalam stoples kering

Cokelat bubuk serupa dengan teh ataupun kopi, yakni harus disimpan di dalam wadah berupa stoples yang bersih, kering, dan kedap udara.

Apabila membeli cokelat bubuk dalam jumlah yang besar, seperti lebih dari dua kilogram, sebaiknya wadah penyimpanannya dipisah menjadi dua bagian.

Pertama yaitu cokelat bubuk disimpan di dalam wadah kedap udara berukuran besar, ini khusus untuk cokelat yang tidak akan dibuka setiap hari.

Kedua yaitu cokelat bubuk disimpan di dalam wadah kedap udara berukuran kecil, ini khusus untuk wadah yang akan lebih sering dibuka. 

Pemisahan wadah ini bertujuan supaya lebih mudah digunakan dan menghindari terjadinya kerusakan cokelat bubuk dalam jumlah besar.

  • Resep Croissant Cokelat Pakai 2 Bahan, Pemula Bisa Ikuti
  • Resep Eclair Cokelat Klasik, Kue Sus Panjang ala Perancis
  •  Resep Bolu Cokelat Kukus Takaran Sendok, Kue Manis Tanpa Mixer

2. Hindari dari paparan sinar matahari langsung

Sugeng mengatakan cokelat bubuk harus disimpan di dalam ruangan dan terhindar dari paparan sinar matahari langsung.

Apabila bubuk cokelat terpapar cahaya matahari, bubuk cokelat cenderung menggumpal dan keras, khususnya di bagian bawah stoples.

Namun, jangan menyimpan stoples cokelat bubuk di ruangan yang lembab, supaya tekstur bubuk cokelat tidak ikut lembab dan menghindari air masuk ke dalam stoples.

https://www.kompas.com/food/read/2022/01/30/171201375/2-cara-simpan-cokelat-bubuk-agar-tidak-menggumpal-dan-tidak-lembab

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke