Kompas.com - 29/01/2022, 10:07 WIB

KOMPAS.com - Manco atau kue manco merupakan jajanan jadul yang bisa ditemui di beberapa daerah seperti Madiun dan Trenggalek.

Tekstur dari jajanan tradisional ini renyah serta lengket dari lapisan gula merah. Selain itu, manco memiliki cita rasa yang manis legit.

Kalau kamu pernah mencicipi manco dan sedang ingin menikmatinya lagi. Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah.

Mutini selaku pemilik usaha Manco Asli Bu Suyono di Trenggalek membagikan cara membuat kue manco di rumah kepada Kompas.com pada Jumat (28/01/2022).

Baca juga:

Ilustrasi kue manco ketan di Manco Asli Bu Suyono Lok Songo Ngantru Trenggalek.DOK.Manco Asli Bu Suyono Ilustrasi kue manco ketan di Manco Asli Bu Suyono Lok Songo Ngantru Trenggalek.

1. Pakai tepung beras

Bahan utama untuk membuat manco adalah tepung beras. Menurut mutini, manco wijen dibuat dengan menggunakan tepung beras ketan sebagai bahan dasarnya.

“Kalau saya biasanya beli beras ketan. Trus nanti beras ketannya diselep (digiling) sampai halus, jadi tepung. Baru nanti dipakai.” jelasnya.

2. Campurkan tepung beras dengan air

Setelah menggiling beras ketan hingga halus, campurkan tepung beras dengan air.

“Kalau sudah jadi tepung, dicampurkan sama air. Trus diaduk-aduk sampai tercampur.” tuturnya.

Baca juga:

3. Kukus adonan manco

Dalam penuturannya, Mutini menyarankan untuk mengukus adonan manco dengan api sedang agar matang merata.

Ilustrasi kue manco ketan di Manco Asli Bu Suyono Lok Songo Ngantru Trenggalek.DOK.Manco Asli Bu Suyono Ilustrasi kue manco ketan di Manco Asli Bu Suyono Lok Songo Ngantru Trenggalek.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.