Kompas.com - 29/01/2022, 09:03 WIB
Ilustrasi kue manco ketan di Manco Asli Bu Suyono Lok Songo Ngantru Trenggalek. DOK.Manco Asli Bu SuyonoIlustrasi kue manco ketan di Manco Asli Bu Suyono Lok Songo Ngantru Trenggalek.

KOMPAS.com - Kue manco merupakan jajanan tradisional yang bisa kamu temui di daerah Trenggalek, Madiun, atau Purbalingga.

Jajanan jadul ini masih banyak diproduksi oleh masyarakat setempat. Kamu bisa mencoba kue manco yang ada di Trenggalek, tepatnya di daerah Lok Songo, Ngaru.

Di sana, ada sebuah usaha rumahan yang memproduksi dan menjual kue manco.

Baca juga:

Nama usahanya adalah Manco Asli Bu Suyono Lok Songo Ngantru Trenggalek. Usaha kue manco rumahan ini sudah ada sejak tahun 1991.

Lebih jauh seputar kue manco dan Manco Asli Bu Suyono, simak penjelasannya berikut ini.

Asal mula berdirinya usaha kue manco

Ilustrasi kue manco ketan di Manco Asli Bu Suyono Lok Songo Ngantru Trenggalek.DOK.Manco Asli Bu Suyono Ilustrasi kue manco ketan di Manco Asli Bu Suyono Lok Songo Ngantru Trenggalek.

Dihubungi oleh Kompas.com, Mutini selaku istri dari Almarhum Suyono yang juga pemilik dari usaha Manco Asli Bu Suyono bercerita seputar usahanya tersebut.

“Saya jualan kue manco itu sudah ada sejak tahun 1991. Resep kue manco ini saya dapatkan dari nenek saya. Jadi, resep kue manco ini sudah turun temurun.” jelasnya kepada Kompas.com pada Jumat (28/1/2022).

Menurut ceritanya, awalnya Mutini menjual kue manco di pasar tradisional. Ia membuat sendiri kue manco jualannya.

Baca juga:

Kue manco buatannya masih dibuat dengan bahan dan cara yang tradisional. Pada awal penjualan, kue manco dijajakan di atas besek.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.