Kompas.com - 27/01/2022, 21:02 WIB
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Makisu atau tikar penggulung merupakan satu alat yang umum dipakai untuk menggulung sushi. Alat ini dapat membantu memadatkan sushi sehingga mudah dipotong. 

Walau fungsinya cukup krusial tapi tikar penggulung ini bisa digantikan dengan beberapa alat lain yang lebih praktis. 

Baca juga:

Berikut alat sederhana yang bisa dipakai untuk menggulung sushi. Alternatif pilihan jika tidak punya tikar penggulung. 

Ilustrasi proses menggulung sushi. SHUTTERSTOCK/ hristohristov.net Ilustrasi proses menggulung sushi.

1. Sushi maker

Sushi maker biasanya berupa cetakan berbahan plastik. Alat ini tersedia dalam berbagai bentuk, mulai dari bulat hingga hati. 

Tak jarang ada pula yang memiliki sela-sela kecil di tengahnya untuk mempermudah proses pemotongan. Hasilnya sushi pun lebih rapi dan padat. 

Baca juga:

2. Plastik 

Melansir dari Life Hacker plastik dapat digunakan sebagai tikar penggulung untuk membuatnya sushi. Penggunaannya mirip seperti pengulung tapi harus lebih hati-hati agar plastiknya tidak lengket. 

Untuk menggulungnya, cukup tempatkan nori dan isian sushi di atas plastik, kemudian gulung pelan sambil tarik plastiknya. 

Baca juga:

Setelah selesai, padatkan kembali dengan membungkus sushi memakai plastik sambil sedikit ditekan. 

Ilustrasi olahan sushi nigiri menggunakan topping gonad bulu babiDok. Pexels/ Lucio Panerai Ilustrasi olahan sushi nigiri menggunakan topping gonad bulu babi

3. Cetakan kue 

Cetakan kue dapat dimanfaatkan untuk membentuk sushi yang lebih unik. Namun agaknya alat ini kurang bisa digunakan untuk membuat maki sushi. 

Sebab kamu akan kesulitan menempatkan rumput lainnya. 

Baca juga:

4. Gunakan tangan 

Kalau tidak ada alat di atas, maka kamu dapat membentuk sushi memakai tangan. Cara ini dapat dipraktikkan pada nigiri sushi atau temari sushi. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.