Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

15 Tempat Makan Enak di Magelang, Banyak yang Legendaris

Kompas.com - 30/12/2021, 19:07 WIB
Lea Lyliana

Penulis

KOMPAS.com - Magelang tak hanya terkenal karena Candi Borobudur, tapi juga makanannya.

Di Magelang terdapat banyak destinasi kuliner yang dapat kamu jelalahi. Beberapa di antara bahkan sudah populer sejak puluhan tahun lalu. 

Jika kebetulan sedang jalan-jalan di Magelang, berikut ini ada beberapa tempat makan enak yang menarik untuk dicoba. Pilihan hidangannya beragam, cocok untuk wisata kuliner seharian.

Baca juga:

1. Kupat Tahu Pojok 

Ilustrasi kupat tahu magelang. Dok. Shutterstock/Ariyani Tedjo Ilustrasi kupat tahu magelang.

Kupat Tahu Pojok merupakan salah satu tempat makan legendaris di Magelang. Tempat makan ini sudah ada sejak 1942.

 

Menurut cerita, mantan presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono dan keluarga kerap makan di warung ini jika berkunjung ke Magelang. 

Sama seperti namanya, Kupat Tahu Pojok menyediakan kupat tahu khas Magelang yang otentik.

Isian kupat tahunya ada tahu goreng, ketupat, dan kol. Kemudian, bahan-bahan tersebut disiram dengan kuah kecap kacang yang encer dan rasanya gurih manis. Harga satu porsinya Rp 12.000-an. 

Baca juga:

Jika ingin mencoba, silakan datang ke Kupat Tahu Pojok yang ada di Jalan Tentara Pelajar Kios Nomor 14, Cacaban, Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang. Jam bukanya setiap hari pukul 09.00-20.30 WIB. 

2. Nasi Goreng Pak Yatno

Ada satu kuliner malam di Magelang yang menarik untuk dicoba, yaitu Nasi Goreng Pak Yanto. Lokasinya ada Jalan Mayjen Bambang Soegeng Nomor A7, Sarangan, Banyurojo, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang. 

Warung nasi goreng ini menyajikan nasi goreng dan bakmi jawa bercita rasa gurih.

Salah satu menu andalannya yakni bakmi rebus yang dihidangkan dengan rica-rica ayam. Harga satu porsi hidangan di Nasi Goreng Goreng Pak Yanto cukup terjangkau, sekitar Rp 15.000. 

Baca juga:

Jam buka warung ini setiap hari pukul 12.30-21.00 WIB. Silakan mampir jika kamu penasaran dengan rasanya. 

 

3. Warung Makan Senerek Bu Atmo

Jalan-jalan ke Magelang tak lengkap jika belum datang ke Warung Makan Senerek Bu Atmo.

Warung makan ini menyajikan sop senerek atau sup kacang merah dengan kuah yang gurih dan segar. Spesialnya lagi di sini juga tersedia beras kencur yang pas dinikmati bersama supnya. 

Baca juga:

Meski tempatnya sederhana tapi warung makan ini hampir tak pernah sepi pembeli.

Pembelinya juga beragam, dari kalangan mahasiwa hingga keluarga. Tak jarang banyak pula wisatawan yang mampir ke warung ini untuk mencicipi sajiannya.

 

Kalau pengin mencobanya, silakan datang ke Warung Makan Senerek Bu Atmo yang ada di Jalan Pangeran Mangkubumi Nomor 3, Cacaban, Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang. Jam bukanya pukul 07.00-16.00 WIB. 

4. Depot Es Semanggi 

Ilustrasi Depot Es Semanggi di Magelang. KOMPAS.com/ Lea Lyliana Ilustrasi Depot Es Semanggi di Magelang.

Depot Es Semanggi wajib masuk ke dalam salah satu destinasi kulinermu saat jalan-jalan di Magelang. Sebab warung es ini cukup legendaris, konon sudah ada sejak 1960-an.

Di sini kamu bisa menikmati aneka es bercita rasa jadul. Pilihan menunya ada es pleret, es cokelat roti, hingga es tape pleret. Harga satu gelasnya es antara Rp 3.500 - Rp 10.000 saja.

Sambil minum es kamu juga bisa mencoba aneka gorengan serta camilan yang disedikan. 

Baca juga:

Lokasi Depot Es Semanggi ada di dua tempat, yakni di baseman Matahari Department Store dan di Jalan Semarang - Yogyakarta Nomor 367, Kramat Selatan, Kecamatan Magelang Utara, Kota Magelang. 

Jam operasional keduanya pukul 10.00-16.00 WIB. 

5. RM Ayam Kosek Panjiwo

RM Ayam Kosek Panjiwo cocok dikunjungi bersama keluarga saat akhir pekan atau liburan. Rumah makan ini menyediakan aneka masakan Indonesia dengan harga terjangkau. 

Pilihan menunya ada ayam kosek, bebek goreng, hingga gurame asam manis. Rata-rata hidangan tersebut dapat kamu nikmati dengan harga Rp 15.000 - Rp 85.000. 

Baca juga:

Lokasi RM Ayam Kosek Panjiwo ada di Jalan Ahmad Yani No.351, Kedungsari, Kecamatan Magelang Utara, Kota Magelang. Jam bukanya tiap hari pukul 09.00-20.00 WIB. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com