Kompas.com - 22/05/2021, 22:02 WIB
Ilustrasi bakmi jawa kuah. SHUTTERSTOCK/ Dhodi SyailendraIlustrasi bakmi jawa kuah.
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Bakmi jawa merupakan salah satu sajian mi yang terkenal di Yogykarta. Di Kota Pelajar ini kamu bisa menemukan banyak tempat makan bakmi jawa yang enak. 

Ada tiga menu bakmi jawa yang biasa disajikan, yakni bakmi jawa goreng, mi godog atau rebus, dan bakmi jawa nyemek. 

Jika kebetulan sedang berada di Yogyakarta, berikut Kompas.com berikan 15 rekomendasi bakmi jawa enak yang wajib dicoba. 

Baca juga: 5 Bakmi Jawa Terkenal di Yogyakarta, Pernah Coba Semua?

1. Bakmi Jawa Mbah Gito

Ilustrasi mie godog jawa atau bakmi jawa rebus. SHUTTERSTOCK/ FAIZ DILA Ilustrasi mie godog jawa atau bakmi jawa rebus.

Bila ingin menyantap bakmi jawa lezat di tempat yang kental dengan nuansa tradisional Jawa, silakan mampir ke Bakmi Jawa Mbah Gito. 

Tempat makan bakmi jawa ini terkenal di kalangan wisatawan dan harga lokal. Menu yang disajikan di antaranya ialah bakmi goreng, bakmi godog, magelang, dan capcay jawa. 

Baca juga: 15 Tempat Makan Keluarga di Yogyakarta, Cocok untuk Akhir Pekan

Untuk harganya sendiri antara Rp 20.000 - Rp 35.000. Selain itu tersedia pula teh dan aneka wedang rempah untuk teman menikmati bakmi jawanya. 

Bakmi Mbah Gito beralamat di Jalan Nyi Ageng Nis Nomor 9, Rejowinangun, Kecamatan Kotagede, Kota Yogyakarta. Jam bukanya setiap hari pukul 11.00-21.00 WIB.

2. Bakmi Jawa Mas Timbul 

Bakmi Jawa Mas Timbul berlokasi di Jalan Jambon Nomor 63 Kragilan Kricak, Sinduadi, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Tempatnya ada di dekat Sindu Kusuma Edupark. 

Sama seperti warung bakmi jawa kebanyakan, Bakmi Jawa Mas Timbul pun menyajikan menu bakmi jawa dengan kuah gurih. 

Baca juga: 15 Makanan Khas Yogyakarta, Ada Kopi Joss dan Brongkos

Bedanya, di sini kamu bisa memilih tambahan topping pelengkap, seperti kepala ayam, sayap, ataupun telur. 

Harga satu porsi bakmi jawa di Bakmi Jawa Mas Timbul sekitar Rp 19.000. Sementara, topping pelengkapnya diberi harga mulai dari Rp 5.000 - Rp 10.000. 

Bakmi Jawa Mas TImbul buka pukul 12.00-24.00 WIB. Silakan mampir jika kebetulan kamu sedang berada di dekat sana. 

3. Bakmi Jawa Pak Pele

Ilustrasi mi nyemekShutterstock/ridzkysetiaji Ilustrasi mi nyemek

Buatmu yang sedang jalan-jalan di sekitar Alun-alun Keraton Yogyakarta, bisa mampir ke warung Bakmi Jawa Pak Pele. Lokasinya ada di sekitar Jalan Pojok Tenggara. 

Bakmi Jawa Pak Pele menyajikan tiga pilihan menu bakmi jawa, yaitu bakmi goreng, godog, dan nyemek. Untuk mi sendiri, bisa pilih antara bihun atau mi kuning. 

Kalau kebetulan cuaca sedang hujan, silakan coba menu bakmi godognya. Kuah kaldunya yang gurih akan menghangatkan badanmu. 

Baca juga: Resep Mie Godog Jawa, Pakai Telur Bebek Tambah Mantap

Sayangnya tak diketahui pasti berapa harga dan jam buka warung bakmi ini. Barangkali kamu bisa langsung ke sana untuk mencicipinya. 

4. Bakmi Jawa Pak Gundul

Bakmi Jawa Pak Gundul menyajikan menu kaki lima khas Yogyakarta yang lumayan komplet.

Selain bakmi jawa, di sini tersedia juga magelang dan sego godog atau nasi rebus. Harga satu porsinya mulai dari Rp 17.000 saja. 

Kalau ke sini kamu wajib mencoba menu mi goreng jawa dan bakmi jawa nyemek. Konon, dua menu tersebut merupakan favorit para pembeli. 

Baca juga: Resep Mie Goreng Jawa, Menu Makan Malam ala Kaki Lima

Bakmi Jawa Pak Gundul beralamat di Jalan Sorogenen Nomor 2A, Sorosutan, Kota Yogyakarta. Jam bukanya mulai dari sore hari, pukul 17.00-24.00 WIB. 

5. Bakmi Jawa Pak Kadin 

Salah satu keunikan dari Bakmi Jawa Pak Kadin yakni pada cara memasaknya. Bakmi jawa di sini dimasak per porsi, sehingga cita rasanya lebih nikmat. 

Oleh karenanya itu, jika kamu ke sini, maka siapkan waktu untuk mengantri. Namun tak perlu khawatir, karena rasanya sepadan dengan waktu menunggunya. 

Bakmi Jawa Pak Kadin berlokasi di Jalan Bintaran Kidul Nomor 6, Wirogunan, Kecamatan Mergangsan, Kota Yogyakarta. Jam operasionalnya setiap hari pukul 10.30-23.30 WIB.

Sebagai saran, jangan datang di jam makam malam kalau tak ingin menunggu lama.  

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.