Kompas.com - 03/04/2021, 09:33 WIB
Para pengunjung duduk lesehan di tepi sawah Warung Kopi Klotok, Sleman Yogyakarta, Rabu (22/1/2020). Pengunjung bisa duduk di dalam rumah joglo maupun di luar dengan cara lesehan tikar. NICHOLAS RYAN ADITYA/KOMPAS.comPara pengunjung duduk lesehan di tepi sawah Warung Kopi Klotok, Sleman Yogyakarta, Rabu (22/1/2020). Pengunjung bisa duduk di dalam rumah joglo maupun di luar dengan cara lesehan tikar.
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Ada banyak tempat makan keluarga di Yogyakarta yang nyaman untuk menghabiskan akhir pekan. 

Selain menyajikan makanan yang lezat, di restoran ini kamu pun dapat menikmati suasana yang nyaman dan menenangkan. Beberapa restoran bahkan menyajikan pemandangan alam yang fantastis.  

Berikut Kompas.com kumpulkan 15 tempat makan keluarga enak di Yogyakarta. 

Baca juga: 15 Tempat Kuliner Sekitar Malioboro Yogyakarta, Harganya Mulai Rp 5.000-an

1. Mbah Bayan Coffee and Kitchen

Ilustrasi ayam bakar. Dok. Shutterstock/ Lienda Yunita Apponno Ilustrasi ayam bakar.

Ingin menyantap makanan khas Indonesia sembari bersantai dengan keluarga? Jika iya, maka kamu bisa datang ke Mbah Bayan Coffee and Kitchen.

Lokasinya ada di sekitar Sendon, Tirtoadi, Mlati, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Kalau ke Mbah Bayan, kamu wajib mencoba menu Ayam Bakar Utuh Madu yang populer. Selain itu, pesan juga terong raos dan pisang gorengnya karena rasanya lezat.

Untuk kisaran harganya, antara Rp 5.000 - Rp 90.000. Sementara untuk jam bukanya, pukul 10.00-20.00 WIB setiap akhir pekan. 

Namun pada hari biasa, Mbah Bayan buka pukul 11.00-20.00 WIB dan setiap Senin mereka tutup.

Jika ingin berkunjung, baiknya reservasi terlebih dulu, supaya makannya bisa disiapkan dan kamu tidak perlu menunggu lama. 

Baca juga: 15 Makanan Khas Yogyakarta, Ada Kopi Joss dan Brongkos

2. Rajaklana Resto

Di restoran ini kamu bisa menyantap beragaman makanan lezat sembari menikmati pemandangan alam Yogyakarta yang menakjubkan. 

Selain itu, fasilitasnya pun terbilang lengkap. Ada resortplayground, tempat pijat, serta kolam renang. Tempatnya yang luas, cocok digunakan untuk bermain anak-anak. 

Untuk menunya sendiri, cukup beragam. Tersedia aneka makanan berat, camilan, serta minuman yang menyegarkan. Kisaran harganya mulai dari Rp 6.000 saja. 

Rajaklana Resto buka setiap hari mulai pukul 07.00- 23.00 WIB.

Baca juga: 15 Tempat Makan Tongseng yang Enak di Yogyakarta, Ada Tongseng Pak Min

Bagi yang ingin mencoba, bisa langsung datang ke Rajaklana Resto yang ada di Jalan Lembah Wisata, Sembung, Balecatur, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. 

3. Kopi Legi Jogja 

Ilustrasi gurame asam manis pedas. SHUTTERSTOCK/DHODI SYAILENDRA Ilustrasi gurame asam manis pedas.

Kopi Legi bisa menjadi salah satu pilihan jika kamu sedang berada di sekitar Maguwoharjo, Kabupaten Sleman.

Lokasi tepatnya ada di Jalan Kenanga Nomor 8, Sambilegi Kidul, Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. 

Di restoran ini kamu bisa menikmati beragam menu tradisional Jawa, mulai dari ayam kampung bakar hingga gurame lombok ijo.

Baca juga: 7 Serabi Enak di Yogyakarta, Ada Topping Keju hingga Kornet

Tempatnya yang luas, cocok untuk menghabiskan akhir pekan dengan keluarga. Apalagi suasananya juga cukup menenangkan karena dikelilingi pepohonan yang rimbun. 

Soal harga tidak perlu khawatir, karena cukup terjangkau, antara Rp 5.000 - Rp 50.000. 

Kopi Legi buka setiap hari pukul 09.00 - 23.00 WIB. Baiknya reservasi terlebih dulu jika kamu ingin datang ramai-ramai bersama keluarga, supaya tidak kehabisan tempat. 

4. Amurwa Garden & Resto

Restoran berkonsep klasik ini menyajikan beragam menu dengan harga terjangkau, mulai dari Rp 5.000 - Rp 30.000 saja. 

Di sini kamu dapat menikmati aneka makanan dan jajanan zaman dulu hingga yang kekinian. Lokasinya ada di sekitar Kledokan, Umbulmartani, Ngemplak, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. 

Sebetulnya Amurwa Garden & Resto buka setiap hari pukul 11.00-21.00 WIB, tapi supaya makin syahdu kamu bisa datang pada sore hari saja.

Udara dan suasananya yang menenangkan akan membuatmu betah berlama-lama di sana. 

Baca juga: 15 Ayam Geprek Enak di Yogyakarta dengan Harga Terjangkau

5. Joglo Pari Sewu 

Penat dengan suasana kota yang padat? Jika iya, maka kamu wajib berkunjung ke Joglo Pari Sewu. Di tempat ini kamu bisa makan sembari menikmati pemandangan alam yang sejuk dan sejuk. 

Salah satu keunikan tempat ini, ialah kamu bisa main di air terjun mini yang bersih. Selain nyaman, Joglo Pari Sewu juga menyajikan aneka masakan khas Jawa yang menggugah selera. 

Menu-menu yang disajikan di antaranya ialah Ayam Jembar, oseng bunga pepaya, pisang gapit, dan masih banyak lainnya. Kisaran harganya mulai dari Rp 10.000-an. 

Baca juga: 15 Tempat Makan Kuliner Korea di Yogyakarta, Harga Terjangkau Mahasiswa

Buat yang penasaran, bisa langsung datang ke Joglo Pari Sewu yang ada di Bromonilan RT 08 RW 03, Bromonilan, Purwomartani, Kecamatan. Kalasan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. 

Jam bukanya setiap pukul 10.00-17.00 WIB, tetapi perlu diketahui bahwa tiap Selasa Joglo Pari Sewu tutup. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.