Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

12 Manfaaat Mengonsumsi Daging Ayam, Salah Satunya Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Kompas.com - 23/11/2021, 13:07 WIB
Imalay Naomi Lasono,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Daging ayam adalah penganan yang tidak hanya populer di Indonesia, tetapi juga dunia.

Karena mudah diolah dan harganya terjangkau, beragam olahan daging ayam banyak diminati dan dijual di pasaran.

Di balik olahan yang lezat, daging ayam menyimpan beragam manfaat bagi kesehatan. Terlebih, daging ayam disebut sebagai salah satu bahan makanan yang tinggi protein.

Pakar nutrisi dari Amerika Serikat, Chris Mohr menyebut bahwa daging ayam memiliki kandungan nutrisi dengan keutamaan tersendiri.

Dalam 100 gram daging ayam, kata dia, terdapat 18 gram protein tinggi. Selain itu, ada beragam kandungan lain juga melengkapinya, di antaranya kalsium, magnesium, fosfor, kalium, natrium, vitamin C, vitamin B1, vitamin D, vitamin B12, vitamin A, vitamin K, asam folat, riboflavin, dan niacin.

Penasaran, apa saja manfaat daging ayam? Berikut ulasannya.

1. Mengontrol kadar kolesterol

Kandungan niacin pada daging ayam dapat membantu menurunkan kolesterol jahat pada tubuh. Untuk mendapatkan manfaat ini, daging ayam tanpa lemak disarankan diolah dengan cara direbus.

Ilustrasi daging ayam utuh.Istimewa Ilustrasi daging ayam utuh.

2. Membantu pembentukan otot

Kandungan protein yang tinggi dalam makanan bisa membantu seseorang untuk menguatkan otot-otot tubuh secara maksimal. Bagian dada dan paha ayam adalah yang paling tinggi proteinnya sehingga cocok untuk menambah massa otot dengan jumlah protein 25-30 gram per potong per sajian.

3. Meningkatkan metabolisme tubuh

Vitamin B6 pada daging ayam dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Cara kerja vitamin ini adalah dengan mendorong enzim untuk menjaga kesehatan pembuluh darah, pembakaran kalori, dan sumber energi.

4. Menghilangkan stres

Daging ayam memiliki kandungan vitamin B5 dan tryptophan yang punya manfaat untuk menghilangkan stres.

Kandungan tersebut dinilai dapat memberi efek tenang dan memperbaiki suasana hati karena bekerja dengan meningkatkan produksi serotonin.

5. Menghilangkan racun dalam tubuh

Protein pada daging ayam juga mampu membantu sistem tubuh untuk menghilangkan racun berbahaya yang berasal dari makanan atau minuman.

6. Dapat mencegah alzheimer

Gejala alzheimer ditandai dengan penurunan daya ingat, perubahan perilaku, dan terganggunya kemampuan berbicara karena yang diserang adalah fungsi otak.

Nah, mengonsumsi daging ayam secara rutin dapat mencegah penyakit itu karena kandungan vitamin B di dalamnya dapat membantu meningkatkan fungsi otak.

7. Merawat kesehatan kulit

Daging ayam memiliki kandungan vitamin C yang tidak kalah baik untuk kesehatan kulit. Selain itu, kandungan zat antioksidan juga bagus untuk kulit dan tubuh.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com