Kompas.com - 29/10/2021, 18:07 WIB
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Cilok merupakan kudapan yang banyak digemari masyarakat Indonesia. Jika sering berkunjung ke Yogyakarta, barangkali kamu familier dengan Cilok Gajahan

Cilok Gajahan terkenal sejak beberapa tahun lalu. Mulanya Cilok Gajahan hanya berjualan di Alun-alun Selatan Yogyakarta.

Namun kini Cilok Gajahan telah memiliki beberapa gerai yang tersebar di Yogyakarta. Misalnya saja di Jalan Kadipaten dan Jalan Kaliurang, Sleman. 

Baca juga:

Belajar secara otodidak 

Saat ditemui di rumah produksinya, Syahrul Guci, pemilik Cilok Gajahan menuturkan bahwa sebetulnya ia sudah mulai berjualan sejak 14 tahun. Namun gerainya baru sekitar empat tahun. 

"Kalau dari awal sampai sekarang itu sebetulnya sudah 14 tahun. Tapi kalau warung-warungnya itu baru empat tahun lalu," tutur Syahrul kepada Kompas.com, Rabu (27/10/2021). 

Ilustrasi cilok gajahan. INSTAGRAM/ Cilok Gajahan Ilustrasi cilok gajahan.

Inspirasi berjualan cilok Syahrul dapatkan dari temannya. Kala itu, ia memiliki teman yang juga berjualan cilok keliling, lalu ia pun tergugah untuk coba membuatnya secara otididak. 

Di samping itu, Syahrul juga menyadari bahwa saat itu banyak penjual cilok di Yogyakarta belum banyak. Jadi, ia tertarik untuk mencobanya. 

"Dulu saya di daerah Sonosewu sana, ada teman jualan cilok, dari Tasik. Jadi, di Yogyakarta kan pas itu belum seberapa, terus saya terinspirasi, kepingin juga gitu. Tapi saya belajar, otodidak juga, enggak langsung diajarin gitu," jelas Syahrul. 

"Dulu kan di Yogyakarta ini kan cilok belum familier ya, masih asing. Masih kalah sama siomay, batagor," tambahnya.

Baca juga:

 

Berawal dari gerobak 

 

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.