Kompas.com - 19/10/2021, 19:03 WIB
Beragam kue kering yang dijual eks pegawai KPK Tata Khoiriyah. DOK. Instagram @cakeclub.co.idBeragam kue kering yang dijual eks pegawai KPK Tata Khoiriyah.

KOMPAS.com - Sejak diberhentikan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada akhir September 2021, Tata Khoiriyah mulai merintis usaha jualan kue dan roti yang sudah dipelajarinya sejak setahun belakangan.

"Saya mulai belajar baking itu ketika pandemi karena pandemi itu kan PSBB tidak bisa ke mana-mana ya," kata Tata kepada Kompas.com, Selasa (19/10/2021).

Sebelumnya, Tata hanya menjadikan masak sebagai hobi, lalu membagikan hasil akhirnya pada beberapa rekan di kantor untuk dicicipi.

"Kalau dulu kan saya hanya ya iseng-iseng, hanya sekadar hobi dan saya bawa hasil coba-cobanya itu ke kantor. Jadi teman-teman yang di ruangan itu jadi tester. Ini kurang apa, ini sudah enak atau belum. Kalau sudah enak kan biasanya cuma sekadar achivement," ujar Tata.

Sejak itu, Tata mulai belajar banyak mengenai ilmu memasak, khususnya membuat kue dan roti kepada sejumlah rekan seniornya, termasuk Fatmah Bahalwan.

"Akhirnya saya belajar, belajar ke guru-guru yang sudah lebih senior. Dulu sempat belajar ke Bu Fatmah Bahalwan, sempat juga belajar sama senior di salah satu organisasi yang sudah jualan kue gitu. Tanya-tanya ini gimana sih? Kurang apa biar lebih crunchy atau gimana. Itu sering ngobrol," ungkap Tata.

Bukan sekadar hobi, saat ini Tata mengubah kegemarannya membuat kue dan roti menjadi usaha makanan online yang dijajakan melalui WhatsApp, Instagram, dan Twitter.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tata yang sempat menjabat sebagai Fungsional Spesialis Humas Muda kini menjual beberapa produk kue kering, seperti Kue Sagu, Nastar, Putri Salju, Kastangel, dan Lidah Kucing.

"Sekarang ada lima, cuma yang best seller itu tiga. Best seller itu Nastar, kemudian ada Lidah Kucing, dan Kastangel," tutur Tata.

Sementara untuk roti, belakangan ini Tata fokus membuat Garlic Bread yang sempat viral pada 2020.

Baca juga:

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.