Kompas.com - 19/10/2021, 16:07 WIB
Ilustrasi meja makan di rumah ubah menjadi fine diner. SHUTTERSTOCK/ARTIT WONGPRADUIlustrasi meja makan di rumah ubah menjadi fine diner.

 

KOMPAS.com - Bagi para pakar kuliner atau para koki dunia, bintang Michelin bukan merupakan hal asing bagi mereka. Gelar ini sudah didapat oleh beberapa restoran di seluruh dunia. 

Bintang Michelin merupakan penghargaan yang diberikan untuk masakan yang luar biasa, dilansir dari Michelin Guide.

Gelar ini diberikan dengan memperhitungkan kualitas bahan, harmoni rasa, penguasaan teknik, kepribadian koki seperti yang tergambarkan dalam masakannya, dan konsistensi dari waktu ke waktu di seluruh menu.

Baca juga: 15 Restoran Mewah di Yogyakarta dan Sekitarnya, Menunya Beragam

Penghargaan ini merupakan penghargaan tahunan yang diberikan untuk restoran-restoran tempat buku panduan Michelin (Michelin Guide) diterbitkan. 

Setiap tahun, mereka terus mencari “bintang” baru dan menilai kembali restoran berbintang yang ada untuk memastikan standar masakan yang sama tinggi ketika ditawarkan kepada tamu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tiga kategori bintang pada Michelin

Dalam memberikan bintang bagi restoran, gaya atau dekorasi restoran tidak termasuk dalam bagian penilaian.

Hanya sajian yang tersedia di atas piring saja yang menjadi kriteria dalam penilaian. Terdapat tiga kategori bintang yang diberikan dari bintang satu hingga bintang tiga Michelin. 

Satu bintang Michelin

Menurut Michelin Guide, satu bintang yaitu “High quality cooking, worth a stop”. Hal ini berarti kamu patut singgah di restoran tersebut ketika berada di negara atau kota itu.

Dilansir dari Finedining Lovers, gelar satu bintang mungkin bisa dikatakan penghargaan terendah, tetapi masih termasuk penghargaan tinggi untuk menunjukkan bakat memasak baru yang bisa menjadi berkelas.

Baca juga:

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.