Kompas.com - 18/10/2021, 10:07 WIB
Ilustrasi biji jintan. PIXABAY/ a15066498788 Ilustrasi biji jintan.
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Jintan banyak digunakan dalam resep masakan khas Indonesia, Timur Tengah, dan India. Penambahan jintan dalam masakan dapat membuat aromanya semakin sedap. 

Kendati demikian, pastikan untuk menggunakan jintan yang bagus supaya aromanya optimal. Oleh karenanya, penting mengetahui cara memilih jintan yang baik untuk memasak. 

Melansir dari Serious Eats dan NDTV, berikut cara memilih jintan berkualitas. 

Baca juga:

1. Pilih jintan utuh 

Ada dua jenis jintan yang umum dijual di pasaran, yakni jintan bubuk dan biji jintan.

Di antara keduanya, akan lebih baik jika kamu membeli biji jintan utuh. Pasalnya, biji jintan utuh memiliki aroma dan rasa yang lebih kuat. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ilustrasi jintan putih.PIXABAY/ Amatus Sami Tahera Ilustrasi jintan putih.

Namun jika kamu lebih memilih untuk membeli jintan bubuk, sebaiknya beli dalam jumlah sedikit. Hal ini perlu dilakukan agar jintan tidak terbuang, karena aromanya berubah akibat disimpan lama.

Baca juga:

2. Cium aromanya 

Sebetulnya tidak ada jintan yang buruk, tetapi ada jintan yang sudah mengalami penurunan kualitas. Untuk itu, kamu bisa mengeceknya sebelum membelinya. 

Salah satu cara yang bisa dilakukan yakni dengan mengendus aromanya. Jintan yang bagus umumnya memiliki aroma yang cukup kuat, wangi dan sedikit manis. 

Baca juga: Apa Itu Jintan, Rempah untuk Menambah Aroma Masakan?

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.