Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Pilih Paprika Segar untuk Masak, Amati Kulitnya

Kompas.com - 09/10/2021, 19:02 WIB
Lea Lyliana

Penulis

KOMPAS.com - Jika kamu sering memasak sajian oriental atau western, mungkin familier dengan paprika. 

Buah ini kerap disamakan atau menjadi pengganti cabai. Meski begitu, sebetulnya rasa paprika tidak sepedas cabai, teksturnya pun lebih renyah. 

Apabila ingin memasak menggunakan paprika, berikut ini ada cara memilih paprika segar yang perlu diperhatikan. Bisa menjadi panduan sebelum mengolahnya. 

Baca juga:

1. Kenali jenisnya

Ilustrasi berbagai jenis paprika. PIXABAY/ Hartono Subagio Ilustrasi berbagai jenis paprika.

Jenis paprika yang ada di pasaran bermacam-macam. Sebelum membeli pastikan kamu mengetahui karakteristik masing-masing paprika tersebut supaya cocok dengan masakannya.

Melansir dari The Spruce Eats, tingkat kematangan paprika dapat memengaruhi warna dan rasanya. Misalnya saja paprika hijau. 

Jika dibandingkan jenis lainnya, rasa paprika hijau sedikit lebih pahit dan tidak terlalu manis. Teksturnya juga renyah karena mengandung sedikit air. 

Sementara itu, paprika yang sudah matang sempurna umumnya berwarna merah. Rasa paprika merah lebih manis daripada paprika lainnya.

Kandungan air dalam paprika merah juga lebih banyak. 

Baca juga:

Paprika merah dapat menjadi pilihan jika kamu bingung memilih jenis yang mana. Pasalnya paprika merah bisa diolah untuk apa saja, termasuk disajikan mentah.  

2. Kulitnya kencang dan mengilat

Cara memilih paprika dengan mudah dapat dilakukan dengan mengamati kulitnya. Saat membeli paprika, pastikan untuk memilih yang kulitnya kencang dan mengilat, seperti dilansir dari LA Times.

Dua hal tersebut adalah tanda paprika masih bagus dan baru dipanen. 

Baca juga: Resep Sayap Ayam Goreng Lada Hitam, Bisa Tanpa Paprika

Paprika segar dengan kulit yang kencang umumnya memiliki tekstur renyah. Saat diolah rasanya pun manis.

Ilustrasi paprika segar, jeruk, dan sayuran lainnya. PIXABAY/ RitaE Ilustrasi paprika segar, jeruk, dan sayuran lainnya.

3. Hindari yang lembek atau keriput 

Saat membeli paprika di supermarket sebaiknya hindari yang kulitnya keriput atau mengerut. Terlebih jika ditekan, pemukaan kulitnya lembek dan berair. 

Paprika dengan ciri-ciri tersebut biasanya sudah disimpan lama dan hampir busuk. 

Baca juga: Resep Kebab Paprika yang Mengandung Vitamin C Tinggi

4. Batangnya berwarna hijau 

Mengutip dari Master Class, usahakan untuk membeli paprika yang masih ada batangnya. Terutama jika batangnya masih kencang dan berwarna hijau terang. 

Pasalnya, hal ini menandakan bahwa paprika baru saja dipanen, sehingga masih segar. Jika diolah teksturnya pun renyah. Lalu, bila dipanggang kulitnya mudah dikupas.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com