Kompas.com - 10/05/2021, 16:02 WIB
Ilustrasi biji jintan putih. SHUTTERSTOCK/ Cornelius Krishna TedjoIlustrasi biji jintan putih.
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Masakan Indonesia identik dengan rasa rempahnya yang kaya. Salah satu jenis rempah yang biasa digunakan untuk memasak ialah jintan. 

Jintan memiliki bentuk yang mirip dengan adas. Namun ukuran jintan sedikit lebih kecil dan warnanya pun agak gelap. 

Rempah yang juga dikenal dengan nama cumin ini, dapat digunakan untuk membumbui beragam hidangan, misalnya soto dan gulai. 

Lantas, sebetulnya apa fungsi jintan pada masakan? Berikut uraian penjelasannya. 

Baca juga: 15 Rempah Indonesia untuk Sedapkan Masakan, Ada Jahe dan Andaliman

1. Memberi rasa sedikit manis 

Dalam buku "SajianKu VOL. 2/I/2013 Serba-Serbi Teknik Menumis Menyiapkan Sajian Akhir Pekan" karya Team Dapur Lezat terbitan PT Mediantara Infopersada disebutkan bahwa, jintan dapat memberikan rasa sedikit manis pada hidangan. 

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun rasa manis yang ditawarkan berbeda dengan gula pasir atau gula merah. Rasa manis jintan cenderung lebih khas, seperti manis pahit yang menghangatkan.

Baca juga: Resep Gulai Babat Padang, Kuahnya Kental Bikin Tambah Terus

Oleh karenanya, disarankan untuk menambahkan jintan pada hidangan agar rasanya lebih lezat dan sedap. Takaran penggunannya, bisa disesuaikan dengan resep.  

2. Menambah aroma masakan 

Ilustrasi opor ayam yang biasa disajikan dengan ketupat saat Lebaran. SHUTTERSTOCK/AMALLIA EKA Ilustrasi opor ayam yang biasa disajikan dengan ketupat saat Lebaran.

Fungsi jintan pada masakan tak cuma memengaruhi rasa hidangan, tetapi juga aromanya. 

Menambah jintan pada masakan, dapat membuat aromanya lebih harum. Kamu dapat menggunakan jintan untuk membumbui gulai, opor, soto, maupun kari.

Baca juga: Resep Opor Ayam Bumbu Kuning untuk Sajian Lebaran

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X