Kompas.com - 17/10/2021, 12:03 WIB
Ilustrasi sambal tauco Shutterstock/Sardo MichaelIlustrasi sambal tauco
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Tauco adalah salah satu produk fermentasi khas Indonesia. Bahan pangan ini terbuat dari kacang kedelai yang difermentasi dengan mikroba dan garam. 

Sebagai bahan fermentasi, tauco sebetulnya dapat disimpan lama. Namun untuk mempertahankan rasa dan kualitasnya, kamu harus menyimpan tauco dengan benar.

Mengutip dari "SajianKu VOL. 5/I/2013 Serba-Serbi Sayuran Berwarna Merah dan Ungu" oleh Team Dapur Lezat terbitan PT Mediantara Infopersada, berikut cara menyimpan tauco agar awet. 

Baca juga:

1. Pilih tauco yang bagus

Apabila ingin disimpan untuk stok, sebaiknya memilih tauco yang butiran kedelainya tidak terlalu hancur atau terlalu utuh. 

Tauco dengan ciri tersebut umumnya terfermentasi dengan baik, sehingga dapat disimpan lama. 

Ilustrasi tauco, fermentasi kedelai khas Indonesia. SHUTTERSTOCK/ Silver Wings SS Ilustrasi tauco, fermentasi kedelai khas Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam buku "Bumbu, Penyedap, dan Penyerta Masakan Indonesia" oleh Murdijati Gardjito terbitan PT Gramedia Pustaka Utama juga dijelaskan bahwa kandungan garam dalam tauco cukup tinggi, sekitar 15 persen.

Oleh karenanya, bahan pangan ini dapat disimpan lama, bahkan hingga bertahun-tahun. 

2. Hindari dari air 

Cara menyimpan tauco agar awet sebetulnya sederhana saja. Kuncinya yakni memastikan bahwa tauco tidak terkena air atau terkontaminasi dengan bahan pangan lainnya. 

Baca juga: Resep Sambal Tauco yang Pedas, Gurih, dan Harum

3. Letakkan di kulkas 

Ilustrasi taucu dalam jar. SHUTTERSTOCK/ Silver Wings SS Ilustrasi taucu dalam jar.

Guna menjaga kualitas rasa dan aromanya, tauco dapat disimpan di dalam kulkas. Kamu bisa meletakkan di rak kulkas atau pintunya. 

Namun pastikan wadah tauco selalu ditutup rapat agar kualitasnya tidak menurun. Saat mengambil, pastikan pula memakai sendok bersih supaya tauco tahan lama.

Buku "SajianKu VOL. 5/I/2013 Serba-Serbi Sayuran Berwarna Merah dan Ungu" oleh Team Dapur Lezat terbitan PT Mediantara Infopersada dapat dibeli online di Gramedia.com

Buku "Bumbu, Penyedap, dan Penyerta Masakan Indonesia" oleh Murdijati Gardjito terbitan PT Gramedia Pustaka Utama dapat dibeli online di Gramedia.com

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.